Cara Menanam Bibit Jambu Madu Deli Di Tabulampot

Urbanina.com – Cara menanam bibit jambu madu deli di tabulampot, itulah judul yang tepat untuk artikel yang kami bagikan kali ini. Iya, akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mulai menyemarakkan hobi bertabulampot. Hobi menanam tanaman buah didalam pot, memang bisa membuat tanaman buah kita semakin cantik. Tidak hanya itu, karena tanaman yang ditanam di halaman rumah telah cantik, maka pemandangan rumah juga ikutan cantik. Tidak hanya itu, tanaman buah yang ditanam didalam pot tersebut juga memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga pemilik tabulampot bisa dengan segera memetik buah pada tabulampot mereka.

Baiklah, kali ini kami akan membahas tentang cara menanam bibit jambu madu deli di tabulampot. Kami akan bagikan kepada anda secara lengkap tutorial cara menanam bibit jambu madu deli di tabulampot ini, sehingga anda bisa mempraktekannya sendiri di rumah dengan prosedur. Kalau kami sudah mempraktekannya dan berhasil, mengapa anda tidak? Toh kegiatan bertanam atau berkebun adalah kegiatan yang sudah biasa di masyarakat kita sejak zaman nenek moyang kita. Oleh karena itu, kami berharap anda bisa meluangkan waktu anda untuk menikmati hobi menyenangkan yang satu ini, yaitu berkebun.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk memulai penanaman. Adapun beberapa alat adalah yang biasa ditemukan di sekita rumah kita, dan yang beberapa alat adalah dari membeli di toko pertanian. Jika anda tidak ingin repot pergi ke toko pertanian, anda bisa order secara online di store.urbanina.com.

-bibit jambu madu deli, anda bisa order di store.urbanina.com

-tanah

-pupuk kandang

-cetok untuk mengaduk media tanam

-air secukupnya

Untuk bisa menghasilkan tabulampot yang berkualitas, dalam artian yang bisa tumbuh dengan bentuk yang cantik sekaligus bisa berbuah lebih cepat, diperlukan pula langkah penanaman yang benar dan telaten. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menanam bibit jambu madu deli tersebut.

  1. Pencampuran media tanam

Langkah yang pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencampurkan media tanam, dengan kata lain adalah dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang. Karena, media tanam kita kali ini adalah tanah yang dicampur dengan pupuk kandang tersebut. Anda bisa menggunakan cetok yang telah disiapkan untuk mengaduk tanah dengan pupuk kandang ini. Setelah selesai, anda bisa langsung memasukannya kedalam pot yang telah disediakan.

  1. Penanaman

Media tanam telah siap didalam pot, itu artinya bibit siap untuk ditanam didalamnya. Terebih dahulu anda perlu membuat lubang tanam pada media tanam dengan ukuran yang disesuaikan dengan bibit yang dimiliki. Lalu, masukkan bibit jambu madu deli pada lubang tanam dan kubur kembali lubang dengan media tanam yang berada disekitarnya. Setelah semuanya selesai, langsung siram dengan air secukupnya untuk memberikan asupan air pada tanaman yang baru ditanam. Anda bisa memberi air hingga penuh.

  1. Perawatan

dalam merawat tabulampot jambu madu deli khususnya, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Pertama, jangan lupa untuk menyirami tanaman setiap hari pada pagi dan sore. Kedua, tempatkan tabulampot jambu madu deli di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk proses pertumbuhan tanaman. Dan yang ketiga, anda diperbolehkan untuk memangkas ranting pohon yang tumbuh liar atau yang tumbuh tidak sesuai dengan keinginan anda. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa kebanyakan tabulampot tidak tumbuh begitu tinggi, yaitu karena ranting tanaman yang dipangkas pemiliknya.

  1. Panen

Panen tabulampot adalah yang momen yang ditunggu-tunggu oleh pemiliknya. Asalkan perawatannya bagus, maka tabulampot akan berbuah dengan lebih cepat meskipun tanaman bentuknya tidak terlalu tinggi. Untuk mengantisipasi serangan hama, usahakan untuk mengontrol tanaman jambu madu deli yang sudah berbunga agar terhindar dari serangan hama serangga pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *