Bisnis Pertanian Hidroponik Tidak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Ubanina.com – Bisnis adalah salah satu kata yang maknanya sangat dalam. Apalagi bagi mereka generasi muda yang darahnya juga darah muda, sehingga memiliki gairah yang tinggi terhadap bisnis. Secara mudah, definisi dari bisnis adalah salah satu langkah atau perilaku manusia yang ia lakukan dengan tujuan yang identik yaitu mendapatkan keuntungan materi, yang pada umumnya keuntungan finansial atau uang. Ada banyak bisnis yang bisa dilakukan oleh manusia. Mulai dari bisnis warung kelontong hingga bisnis properti, bahkan seorang petani pun juga melakukan bisnis. Karena, seorang petani selain memiliki tujuan untuk menyediakan hasil tani yang bagus bagi masyarakat, tentu petani juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil panen yang dijual. Sampai disini, akhirnya kita tersambung dengan judul diatas yaitu bahwa bisnis pertanian hidroponik tidak boleh dipandang sebelah mata. Mau tahu kenapa? Akan kami jelaskan.

Bisnis Pertanian Hidroponik

Baik, kita tahu bisnis dan juga tahu pertanian hidroponik. Berkaitan dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa bisnis pertanian hidroponik tidak boleh dipandang sebelah mata, saya sangat setuju. Ada banyak alasan logis yang bisa kita terima mengenai hal ini. Langsung saja, dari pada kita penasaran mengapa bisnis pertanian hidroponik ini tidak boleh dipandang sebelah mata, kita akan bahas 3 alasan sederhana yang bisa kita pahami bersama. Cukup tiga saja, tetapi mudah-mudahan anda bisa memaknai dengan jelas karena tentunya ada lebih banyak alasan lain selain ketiga alasan yang akan saya sampaikan. Berikut penjelasannya.

HEMAT AIR

Alasan yang pertama adalah pertanian hidroponik bisa menghemat air. Ini adalah alasan logis yang pertama yang tentu perlu kita cermati. Sejujurnya, dalam dunia bisnis yang paling banyak mengeluarkan biaya adalah pada bagian operasional. Nah, dalam bisnis pertanian yang biasa, yang bukan hidroponik, perlu banyak mengeluarkan biaya untuk menyediakan air. Apalagi saat musim kemarau, di saat beberapa sumur di rumah-rumah mulai menipis, para petani juga membutuhkan lebih khawatir lagi karena membutuhkan persesiaan air yang lebih banyak dari pada mereke yang tinggal di rumah-rumah. Akhirnya berbagai upaya dilakukan petani untuk bagaimana caranya bisa memenuhi kebutuhan air yang ujung-ujungnya juga membebankan pada biaya operasional.

Berbeda dengan pertanian hidroponik, yang tentunya bisa menghemat air. Karena penggunaan air di sistem hidroponik lebih sedikit bahkan kalau boleh dikatakan adalah jauh lebih sedikit dari pada pertanian konvensional pada umumnya.sehingga bisnis hidroponik leibh menghemat biaya operasional dan secara bisnis lebih menguntungkan.

HEMAT LAHAN

Alasan yang kedua adalah hemat lahan. Untuk mengetahui hal ini, kita bisa membayangkan ada dua lahan yang sama2 1 meter persegi. Satu lahan untuk ditanami sayuran secara konvensional, dan satunya lagi ditanam dengan sayuran hidroponik. Apa yang akan kita dapatkan? Tentu saja perbedaan pada jumlah sayuran yang tertanam di kedua lahan yang sama-sama berukuran 1 meter persegi. Alasannya sederhana, yaitu karena pada lahan 1 meter persegi yang ditanami sayuran secara hidroponik, sayuran ditanam tidak hanya mendatardilantai semua, tetapi  juga ditambah tanaman yang ditanam diatas tanaman lainnya dengan cara menggunakan sistem hidroponik bertingkat. Anda bisa melihat sistem hidroponik bertingkat yang banyak digagas petani hidroponik, disana sayurannya lebih banyak dari segi jumlahnya.

HARGA JUAL HASIL PANEN LUAR BIASA

Dan alasan terakhir adalah tentang harga jual yang luar biasa. Anda bisa membuktikannya dengan mengunjungi supermarket terdekat, dan lihat tag harga sayuran hidroponik yang luar biasa disana. Nah, dengan biaya operasional yang lebih sedikit, lalu dengan harga jual yang lebih banyak, maka bisnis pertanian hidroponik memang tidak bisa dipandag sebelah mata.

Kalau anda ingin menikmati nikmatnya bisnis sayuran hidroponik ini, silakan ikut pelatihan hidroponik industri di kota bogor yang kami laksanakan dengan biaya terjangkau. Tetapi, kalau anda ingin pelatihan hidroponik yang lebih mahal, anda cukup abaikan penawaran kami ini. Dengan biaya terjangkau, anda akan dibimbing langsung oleh praktisi hidroponik skala industri untuk menikmati pundi-pundi jutaan dari pertanian hidroponik. Cara pendaftaran pelatihan ini cukup dengan mengisi formulir yang kami sediakan di klik http://bit.ly/2xZTC2n lalu tunggu saja konfirmasi dari cs kami, karena formulir anda akan segera di konfirmasi oleh cs kami.

Silakan klik http://bit.ly/2xZTC2n mendaftar pelatihan, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan pertanian indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *