Beras Basi Bisa Berubah Menjadi Nutrisi Hidroponik

Beras Basi Bisa Berubah Menjadi Nutrisi Hidroponik

Urbanina.com – Perkembangan ilmu hidroponik telah sampai ke telinga kita dan kita bisa memanfaatkan ilmu tersebut untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari yang paling kecil semisal untuk keperluan hobi, hingga yang paling besar seperti untuk membuat industri hidropnik yang menguntungkan bisnis kita. Kita tahu bahwa bisnis hidroponik begitu banyak diminati dan mulai dipelajari oleh banyak kalangan karena besarnya peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah yang terus mengalir. Namun, dibalik gemerlapnya keuntungan yang dapat diraih dari hidroponik, tahukah kamu bahwa hal kecil yang bernama beras basi bisa berubah menjadi nutrisi hidroponik. Kita tahu bahwa nutrisi hidroponik adalah salah satu kunci pertumbuhan tanaman hidroponik. Lalu, bagaimana beras yang sudah kadaluarsa ini bisa berubah menjadi nutrisi hidroponik?

Beras Basi Bisa Berubah Menjadi Nutrisi Hidroponik

Sebagian besar dari kita mungkin mengira bahwa nutrisi hidroponik hanya didapatkan dari nutrisi yang kita beli di toko hidroponik baik secara online maupun offline. Namun, ternyata beras basi bisa berubah menjadi nutrisi hidroponik jika kita bisa mengolahnya dengan benar. Bagi anda yang penasaran dengan cara pengolahan atau pembuatan bersa basi berubah menjadi nutrisi hidroponik, kami akan bagikan tutorialnya kepada anda.

Pertama-tama siapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

-beras

-air secukupnya

-baskom

-ember

-botol bekas

-kayu berukuran lebih panjang dari tinggi ember (nanti digunakan untuk mengaduk)

-gula aren ½ kg

Membuat beras basi

Pembuatan beras basi bisa berubah menjadi nutrisi hidroponik yang pertama adalah dengan membuat beras yang kita siapkan menjadi basi terlebih dahulu. Caranya, anda cukup merendam beras di baskom yang telah disediakan tadi. Lalu tutup dengan penutup yang anda bisa sediakan, tetapi jangan tertutup semuanya. Usahakan untuk menyisakan sedikit lubang untuk menjaga kondisi beras yang ada didalamnya supaya terdapat sirkulasi. Diamkan selama 3-5 hari, dan jangan lupa untuk membuat larutan gula terlebih dahulu dibawah ini.

Membuat larutan gula

Sambil menunggu beras yang kita rendam menjadi basi, kita bisa membuat larutan gula untuk mengisi waktu kita supaya tidak terbuang. Adapun cara untuk membuat larutan gula adalah diawali dengan memasak air yang telah disiapkan hingga mendidih. Setelah air mendidih, lalu campurkan gula aren yang telah anda persiapkan. Gula yang tadi dicampurkan di air mendidih akan larut dengan sendirinya setelah beberapa saat. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk mengaduknya karena akan larut dengan sendirinya. Setelah larut, simpan larutan gula ini sambil menunggu beras yang disiapkan diawal menjadi benar-benar basi.

Menggabungkan kedua larutan

Langkah selanjutnya agar beras basi bisa berubah menjadi nutrisi hidroponik adalah dengan menggabungkan kedua larutan diatas yaitu beras basi dengan larutan gula aren. Caranya, awali dengan mengecek beras basi yang telah didiamkan selama 3-5 hari. Apabila sudah ditumbuhi jamur, berarti siap untuk dipindahkan ke ember yang telah disiapkan. Selanjutnya, ambil larutan gula aren yang telah disimpan untuk juga dipindahkan ke ember untuk dicampurkan dengan larutan beras basi tadi. Nah, gunakan kayu yang telah disiapkan untuk mengaduk kedua larutan. Setelah benar-benar merata, maka adonan siap dituangkan di botol bekas dan siap untuk digunakan sebagai nutrisi hidroponik.

Gimana, kebayang kan gimana susahnya membuat nutrisi hidroponik dari beras basi? Kalau anda ikut pelatihan nutrisi yang kami adakan secara online, anda tidak perlu lagi susah-sudah membuat nutrisi dari beras basi. Cukup kami berikan anda beberapa rumus penting yang bisa anda gunakan untuk meracik nutrisi hidroponik. Mau? Silakan daftarkan diri anda dengan mengisi formulir di KLIK  bagi yang mendaftar sebelum 13 oktober 2017, mendapatkan diskon sebesar 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *