Umur Durian Musang King Berbuah Kapankah Itu?

Umur Durian Musang King Berbuah Kapankah Itu?

Urbanina.com – Durian musang king yang berasal dari Malaysia ini adalah durian jenis terbaru. Di Malaysia-nya sendiri, musang king dijuluki sebagai rajanya durian sebab rasa buahnya yang gurih dan warnanya yang menarik selera para penggemar durian. Meski termasuk durian unggul, budidaya durian jenis ini tidak berbeda jauh dengan beberapa durian lainnya. Selaku tanaman daerah tropis tentu saja durian musang king bisa tumbuh dengan baik di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Namun kapan umur durian musang king berbuah ?

Kalangan pembudidaya tanaman durian mengatakan bahwa durian musang king berbuah setelah berumur 5-6 tahun setelah tanam. Umur durian musang king berbuah dapat dipersingkat menjadi 5-6 tahun asalkan bibit yang ditanam tersebut berasal dari hasil sambung pucuk. Lantas, seperti apakah teknik sambung pucuk itu dan bagaimana cara melakukannya?

Umur Durian Musang King Berbuah

Proses budidaya durian yang berasal dari Negeri Jiran ini perlu mendapatkan pemeliharaan (perawatan) yang maksimal. Budidaya durian musang king lebih baik dilakukan dengan stek atau teknik sambung pucuk. Pada cara teknik sambung pucuk ini bibit durian dapat disambungkan dengan pucuk durian musang king. Pasalnya jika bibitnya berasal dari biji pada umumnya hasilnya menjadi tidak maksimal.

Selama sambung pucuk dilakukan ada baiknya jika bibit dimasukkan ke dalam rumah khusus yang terbuat dari bahan plastik. Tujuannya adalah agar bibit tanaman durian musang king tersebut ada dalam kondisi lembab. Pertumbuhan bibit tanaman durian ini tidak baik bila terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama karena nantinya bisa menjadi layu jika terus menerus terkena oleh sinar matahari.

jual bibit durian musangking

Proses teknik sambung pucuk ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Umumnya, menjelang umur satu bulan sejak dilakukan proses persambungan maka keadaan bibit durian musangking telah saling menyatu. Kemudian pada umur tiga bulan, bibit durian musang king telah mencapai ketinggian 60 sampai 70 cm dan telah dapat Anda jual, jika mau. Pada umur tiga bulan ini bibit tanaman durian musang king siap dijual dengan harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per batang. Diprediksi umur durian musang king berbuah dalam jangka waktu 5 – 6 tahun setelah tanam.

Oya, selama pembibitan berlangsung ada baiknya petani atau pembudidaya mempergunakan lahan yang bagus (subur dan gembur) dan memakai pupuk kandang. Adanya serangan dari hama atau penyakit pun penting diantisipasi dengan melakukan penyemprotan hama secara periodik atau berkala.

Selain itu, sebaiknya pada musim buah perdana jangan banyak-banyak buahnya agar tidak menyebabkan stres terhadap tanaman. Pada buah perdananya ini cukup kira-kira 10 buah saja agar hasilnya baik, tetapi pada panen selanjutnya dapat mencapai 50 buah setiap pohonnnya.

Sebenarnya tanaman durian musang king dapat memproduksi buah lebih banyak ketimbang tanaman durian yang lainnya, bahkan durian montong sekalipun. Hal ini lantaran buah durian musang king tidaklah terlampau besar, hanya berbobot 1,2 kilogram saja berat per buahnya sehingga dapat menghasilkan buah lebih banyak.

Disamping itu, lantaran buahnya tidak begitu besar bila mengalami curah hujan yang tinggi, maka buahnya tetap saja bisa matang secara penuh. Hal ini berbeda dengan durian jenis lainnya yang bila terlampau banyak hujan cuma matangnya separuh dan rasanya pun menjadi kurang demikian manis.

Akan tetapi seperti halnya tanaman durian varietas lainnya, durian musang king tetap membutuhkan cukup sinar matahari. Apabila menjelang musim hujan alangkah baiknya pada tanaman durian ini dilakukan pemupukan dengan memberinya pupuk yang memiliki kandungan magnesium zulfat. Tujuannya adalah untuk menyajikan rasa manis dan warna pada buah durian tersebut. Namun pemupukan ada baiknya dilakukan secara sedikit-sedikit pada tiap-tiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *