Tips Menanam Tanaman Herbal Dengan Metode Window Garden

Tips Menanam Tanaman Herbal Dengan Metode Window Garden

Urbanina.com – Tanaman herbal adalah salah satu golongan tanaman yang bisa dengan mudah ditumbuhkan dengan metode hidroponik. Bayangkan alangkah mudahnya jika anda bisa mendapatkan bumbu dan dedaunan herbal yang biasa anada gunakan untuk memasak, tepat didapur anda dan langsung memetiknya. Untuk menanam tanaman herbal seperti basil, cilantro, kemangi, oregano dan kemangi, anda dapat memanfaatkan sisi jendela yang memiliki ruang. Memanfaatkan ruang disisi jendela saat ini lebih popular dengan istilah Window Garden. Sebenarnya metode ini adalah salah satu cara menanam tanaman herbal dalam ruangan atau Indoor garden yang dapat mengaplikasikan sistem hidroponik. Jika anda tertarik untuk menanam jenis tanaman dedaunan herbal didekat jendela dapur anda? Simak tipsnya berikut ini

menanam tanaman herbal

  1. Pelajari terlebih dahulu

Sebelum membangun suatu sistem atau meletakkan pot-pot hidroponik disisi jendela dapur, ada baiknya jika anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara menanam suatu tanaman dengan menggunakan metode hidroponik. Ada banyak referensi mengenai cara menanam tanaman herbal secara hidroponik dan pastikan sistem yang anda gunakan cocok untuk menanam tanaman herbal tersebut. Tidak hanya mempelajari sistem hidroponik itu sendiri, pelajari juga jenis tanaman yang akan anda tanam dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya.

  1. Gunakan perangkat sederhana

Jika anda ingin menanam tumbuhan herbal didekat jendela dapur, sebaiknya pilihlah perangkat tanam yang sederhana dan mudah diletakkan serta hemat tempat. Gunakan pot sesuai ukuran ruang. Sistem yang dapat digunakan untuk menanam tanaman herbal pada window garden salah satunya adalah sistem Wick atau sistem sumbu. Sistem ini cukup mudah dibuat bahkan hanya dengan menggunakan botol plastic bekas air kemasan. Selain menggunakan sistem wick anda juga bisa mengaplikasikan sistem water culture sederhana dimana sebagian wadah media tanam terendam dalam air dan nutrisi dalam wadah yang lebih besar.

  1. Letakkan disisi jendela yang terkena cahaya

Sebaiknya pastikan tanaman yang ditanam menggunakan metode hidroponik diletakkan disis jendela yang terkena cahaya dan bukan disis jendela yang tidak langsung terkena cahaya. Tanaman membutuhkan cahaya dalam proses pertumbuhannya dan meletakkannya ditempat dengan pencahayaan yang sempurna dapat membantunya tumbuh lebih optimal.

  1. Gunakan nutrisi khusus hidroponik

Akan merepotkan jika menanam tumbuhan disis jendela menggunakan tanah karena anda tidak tahu pasti apakah tanah tersebut cocok untuk kebun mini anda atau tidak. Menggunakan sistem hidroponik untuk membuat mini garden didapur anda akan sangat menguntungkan karena anda dapat menentukan sendiri nutrisi yang digunakan. Pastikan anda menggunakan media tanam dan nutrisi khusus hidroponik agar tanaman lebih cepat tumbuh dan anda nikmati.

  1. Cek pH dan kadar nutrisi tanaman

pH dan faktor lain seperti suhu, cahaya dan kelembaban dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, oleh sebab itu sebaiknya cek pH media tanam dan nutrisi secara teratur minimal seminggu sekali begitu juga dengan kadar nutrisi yang terlarut. Jika semua faktor terpenuhi dengan baik tentunya hasil yang anda dapat akan sangat memuaskan.

Demikian beberapa tips membangun kebuh mini window garden didalam dapur anda sendiri. Metode ini akan sangat cocok bagi anda yang suka dan sering menggunakan dedaunan tanaman herbal setiap memasak akan tetapi malas membangun perangkat hidroponik yang kompleks. Selain hasilnya dapat anda gunakan, menanam tumbuhan disisi jendela akan membuat ruang dapur terlihat lebih hijau dan sejuk dipandang tentunya jika ditanam dalam pot yang cantik dan disusun dengan rapi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *