Tips Menanam Tabulampot Sunkist Agar Hasilnya Melimpah

Urbanina.com – Indonesia adalah salah sebuah negara di dunia yang beriklim tropis dengan curah hujannya yang tinggi serta penyebarannya nyaris merata pada setiap tahun. Kesuburan tanah Indonesia ini membentang luas dari Sabang sampai Meurauke. Boleh dikata apapun yang ditanam di atas lahan/tanah di kawasan Nusantara akan tumbuh subur, salah satu diantaranya adalah tanaman jeruk Sunkist. Saat ini banyak masyarakat yang menanam tabulampot sunkist dengan hasil yang melimpah.

Jeruk Sunkist merupakan tanaman buah dengan rasanya yang manis dan memiliki warna buah oranye. Tergolong salah satu jenis jeruk yang terkenal di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Maka tidak heran jika buah sunkist gampang didapat, baik di supermarket ataupun pasar tradisional.

Tips Menanam Tabulampot Sunkist Agar Hasilnya Melimpah

Dengan semakin berkembangnya zaman, sekarang tanaman buah dapat dibudidayakan hanya dengan memakai pot atau yang lebih dikenal dengan sebutan tabulampot. Tabulampot sunkist sendiri mulai digemari masyarakat kita belakangan ini karena menanam tabulampot sunkist tidak memerlukan perawatan khusus bila dibandingkan dengan tanaman tabulampot yang lainnya.

Kini tabulampot jeruk sunkist sudah banyak digemari oleh para pencinta jeruk. Pasalnya, jeruk sunkist ini mempunyai rasa yang berbeda dengan jeruk yang lainnya. Bila tidak sedang merayakan imlek, jeruk sunkist ini sukar didapatkan di pasaran lantaran budiaya jeruk sunkist ini ada di luar negeri. Alhasil jika ada di pasaran, tentu saja harganya pun amat mahal karena dapat mencapai Rp 10.000-an. Buah ini dapat dimakan secara langsung atau dijadikan jus dengan mempunyai beragam macam manfaat. Tanah yang cocok untuk bisa menanam jeruk sunkst ini antara lain adalah tanah lempung berpasir pasalnya jeruk ini cocok sekali tumbuh di daerah yang lembab.

Cara Menanam Tabulampot Sunkist

Jeruk sunkist mempunyai teknik atau cara tersendiri dalam penanamannya. Menanam sunkist tidaklah asal tanam karena mesti cermat dan teliti. Pasalnya bila tidak hati-hati hasilnya tentu akan buruk dan tidak bagus. Bila ingin mengetahui langkah-langkah menanam tabulampot sunkist simak tips menanam tabulampot sunkist agar hasilnya melimpah berikut ini.

  • Kita mesti memilij bibit terlebih dahulu. Bibit yang baik mesti berasal dari bibit hasil okulasi dengan mempunyai cabang mata tunas tempel.
  • Pastikan bibit jeruk sunkist tinggihnya cuma kira-kira 30 hingga 45 cm, dengan batasan usia 4 sampai 5 bulan. Bila usia bibit kurang atau bahkan lebih dari 4 – 5 bulan, maka hasilnya tidak akan optimal.
  • Terlebih bila bibitnya telah mengeluarkan buah. Hal ini berarti bibit tersebut tidak layak untuk ditanam. Umumnya, bibit yang telah menghasilkan buah ini tidak dijual oleh para pedagang, malah tidak jarang pedagang/pembibit tanaman membuangnya. Karena bibit ini tak dapat digunakan.
  • Bibit tanaman jeruk sunkist mesti terlepas dari serangan hama maupun penyakit. Bila tetap dilakukan penanaman tanaman dengan bibit itu, maka akan berisiko tidak baik untuk tanaman yang lainnya.

Di bawah ini disajikan langkah menanam tabulampot sunkist.

  • Tahap paling utama, kita mesti memilih pot yang cocok untuk menanam bibit jeruk sunkist.
  • Kita mesti mempergunakan tanah yang sudah dicampuri dengan pupuk berbahan kimia dan pupuk kandang supaya ketika disiram air akan mudah mengalir secara baik.
  • Tempatkanlah pot di lokasi yang mendapatkan cahaya matahari langsung.
  • Pemberian air atau menyiram dilakukan cumaa 1 kali dalam sehari sebab tanaman buah ini tidak membutuhkan banyak air.
  • Rotasi tanah mesti dilakukan setiap 6 bulan sekali supaya kesuburan tanaman tetap terpelihara.

Demikianlah cara menanam tabulampot sunkist dengan hasil optimal. Selamat berkebun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *