Tips Menanam Microgreens Di Kebun Sendiri

Tips Menanam Microgreens Di Kebun Sendiri

Urbanina.com – Microgreens atau sayuran yang dipetik saat usia muda adalah salah satu tren dalam Urban Gardening saat ini. Tanaman ini bisa ditanam dalam rumah dan diruang yang sempit serta tidak memerlukan banyak perawatan sehingga cocok untuk mereka yang sibuk dan tetap ingin hidup sehat. Mengkonsumsi Microgreens telah terbukti dapat membuat tubuh lebih sehat karena nutrisi yang terkandung didalamnya lebih baik dibandingkan dengan sayuran yang sudah matang atau dengan usia yang lebih tua. Rasa dan tekstur sayuran microgreens juga tidak kalah dari sayuran pada umumnya dan bahkan rasanya lebih segar dan renyah. Tentu akan menyenangkan bila ada tips menanam microgreens ini.

tips menanam microgreens

Menanam microgreens tidak memerlukan banyak alat dan bahan serta hemat tempat. Microgreens biasa ditanam pada sebuah wadah plastik atau kaca kemudian diletakkan di sisi jendela. Selain nikmat untuk disantap microgreens juga bisa membuat rumah terlihat lebih sejuk dan hijau, tentunya jika ditanam sedemikian rupa dengan penataan tertentu. Meskipun mudah, ternyata ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar microgreens yang ditanam menghasilkan sayuran dengan kualitas yang baik. Untuk mengetahuinya, simak tips menanam microgreens berikut ini

  • Berikut adalah tips menanam microgreens yang pertama. Menanam sayuran microgreens cukup mudah dan bisa menggunakan perangkat tanam microgreens yang tersedia di toko pertanian atau gerai yang menyediakan alat pertanian. Pilihlah perangkat yang sesuai dengan lokasi dimana tanaman akan diletakkan. Jika ingin menambah nilai estetisnya, Anda juga bisa memilih perangkat yang cantik terbuat dari kaca dan lain sebagainya.
  • Microgreens hanya bisa dipanen kembali jadi tidak ada proses Re-cutting atau pemotongan kembali. Jika ingin menanam microgreens yang baru maka ganti media tanamnya dan tanamlah benih yang baru. Ini adalah tips menanam microgreens yang sangat berguna bagi mereka yang suka inovasi.
  • Beberapa benih akan tumbuh lebih baik jika direndam terlebih dahulu sebelum digunakan, oleh sebab itu bacalah petunjuk penggunaan pada kemasan benih yang digunakan. Benih yang direndam akan tumbuh lebih cepat tapi mungkin akan sedikit sulit saat ditebarkan pada media tanam.
  • Cahaya dan suhu berperan penting saat menanam microgreen, letakkan tanaman pada tempat yang hangat dan cukup cahaya. Jika tidak mendapatkan sinar matahari cukup, maka sumber cahaya bisa didapat dari lampu yang diletakkan di dekat wadah tanaman.
  • Meskipun tanaman ini membutuhkan cahaya, pastikan microgreens juga mendapat cukup fase gelap, dan semestinya fase gelap untuk microgreens lebih lama disbanding fase terangnya. Berikan setidaknya 6 jam pencahayaan dan setelahnya lingkungan bisa disetting dalam keadaan gelap atau letakkan wadah pada ruang yang tidak terkena cahaya.
  • Jika microgreen yang tumbuh berwarna pucat maka tambah intesitas cahayanya. Cahaya dibutuhkan dalam proses fotosintesis sehingga jika tidak mendapatkan cukup cahaya, tanaman bisa kesulitan membentuk klorofil dan karbohidrat.
  • Jaga keadaan media tanam agar tetap lembab karena microgreen tidak bisa tumbuh dengan optimal pada media yang kering. Semprotlah media tanam dan tanaman dengan menggunakan spray dua hingga tiga kali sehari.
  • Jangan menyiram atau menyemprot tanaman terlalu banyak, kondisi media tanam yang basah bisa menyebabkan akar tanaman membusuk dan akhirnya tanaman tidak akan bisa tumbuh dan Anda tidak bisa memanennya.
  • Sesekali pH media tanam dapat dicek untuk memastikan tanaman tumbuh pada kondisi yang tepat. pH normal untuk menanam micrigreens adalah 6,5. Jika kondisi tanah terlalu basa maka Anda bisa menambah perasan jeruk lemon pada tanaman.
  • Setelah tanaman berusia 19 hari biasanya tanaman akan mengeluarkan bau tertentu dan ini adalah tanda bahwa sayuran siap dipanen.
  • Jika Anda menanam banyak varietas dan jumlah tanaman yang cukup banyak dalam satu wadah tanam pastikan tanaman mendapatkan cukup aliran udara dan nutrisi.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat menanam Microgreens. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *