Teknik Menanam Kembali Umbi dan Buah Dengan Teknik Re-grow

Teknik Menanam Kembali Umbi dan Buah Dengan Teknik Re-grow

Urbanina.com – Teknik menanam kembali sisa sayuran yang tidak dikonsumsi atau tak terpakai adalah cara yang mudah untuk menghemat pengeluaran. Berbagai jenis sayur dan tanaman herbal juga bisa ditanam kembali dengan memanfaatkan batang atau bagiannya tersebut. Teknik menanam tanaman dengan metode ini sering disebut dengan metode Regrow atau tanam kembali. Teknik menanam kembali tanaman dari sisa bagiannya tidaklah sulit dan tidak memerlukan banyak waktu. Mungkin selama ini kita menganggap hanya tanaman sayur dan tanaman herbal saja yang bisa ditumbuhkan kembali. Nyatanya, tanaman umbi dan beberapa jenis tanaman buah dapat tumbuh dengan metode ini. Penasaran tanaman apa saja dan bagaimana cara menanamnya? Simak penjelasan berikut ini.

teknik menanam kembali

Menanam Nanas dan Umbi lainnya

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Buah nanas adalah salah satu buah tropis yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia baik untuk dijadikan bahan rujak, jus, selai dan masakan lainnya. Siapa sangka jika ternyata tanaman nanas bisa ditumbuhkan dari bagian buah nanas yang tak terpakai lagi. Untuk teknik menanam kembali nanas maka pilihlah hanya buah nanas dengan daun yang masih segar. Daun yang terletak pada ujung buah nanas atau rosette bisa dimanfaatkan untuk teknik menanam kembali buah ini. Caranya adalah sebaik berikut :

  • Potong ujung buah nanas dimana daunnya menempel, ingat potong bagian daun beserta sedikit bagian ujungnya jangan hanya memotong daunnya saja.
  • Bersihkan ujung tersebut dan buang sisa buahnya. Anda akan memperoleh daun beserta sebuah potongan berwarna pucat dibagian bawahnya.
  • Tusuk bagian tersebut dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi sebanyak dua atau tiga batang.
  • Letakkan potongan tersebut pada sebuah toples dan tusuk gigi yang tadi diletakkan pada potongan tersebut harus bisa menyangga potongan daun tersebut didalam toples jadi potongan tersebut tidak berada dibagian dasar toples melainkan dibagian atas.
  • Tuangkan air ke dalam toples tersebut dan biarkan selama beberapa hari dan letakkan wadah ditempat yang mendapatkan cukup cahaya matahari.
  • Setelah akar sudah tumbuh sempurna, pindahkan bagian daun tersebut pada wadah atau pot yang sudah diisi tanah. Biarkan tanaman tumbuh hingga besar.

Hal yang sama bisa digunakan untuk menanam wortel atau agar lebuh mudah potongan ujung wortel yang masih berdaun bisa langsung diletakkan pada wadah atau mangkuk berisi air. Jika akar sudah tumbuh maka tanaman bisa langsung ditransplantasikan.

Untuk menanam kentang atau umbi lain seperti ubi bisa menggunakan cara yang sedikit berbeda yakni sebagai berikut :

  • Potong kentang yang sudah memiliki tunas menjadi dua bagian
  • Biarkan potongan tersebut berada dalam suhu ruang selama semalam
  • Keesokan harinya tanaman kentang yang sudah dibiarkan menegring pada suhu ruang bisa diletakkan pada tanah atau pot yang sudah diberi media tanam. Rawatlah tanaman hingga tumbuh sempurna dengan cara menyiramnya secara teratur dua kali sehari.

Menanam Alpukat Dan Tomat

Selain nanas, jenis buah lain yang bisa digunakan adalah tomat dan alpukat. Biji alpukat yang biasanya dibuang bisa dijadikan bibit untuk menumbuhkan tanaman alpukat. Caranya dengan menusuk biji dengan beberapa tusuk gigi. Penusukan ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan biji saat diletakkan dalam wadah dan biji dapat berdiri dengan mudah. Letakkan air pada wadah tersebut dan biarkan biji tumbuh akar. Setelah itu baru biji bisa dipindahkan pada pot berisi tanah. Untuk menanam tomat, caranya lebih mudah, hanya perlu sebarkan bijinya pada sebuah pot dan tunggu saja hingga tanaman tumbuh.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *