Tabulampot Mangga Berbuah Manis dan Lebat

Tabulampot Mangga Berbuah Manis dan Lebat

Urbanina.com – Mangga adalah tanaman buah yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Disamping rasa buahnya yang manis, buah mangga pun kaya akan manfaat dan vitamin. Metode tabulampot (menanam tanaman buah dalam pot) merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang banyak diminati masyarakat saat ini. Salah satu jenis tanaman buah yang sering ditanam dengan memakai teknik tabulampot ialah mangga. Tabulampot mangga menjadi salah satu tabulampot yang banyak dijumpai di banyak tempat sebab menghasilkan rasa daging buah yang gurih dan lezat.

Tanaman yang dikenal dengan nama Mangifera indica ini memang mempunyai rasa buah yang lezat dan manis sehingga nyaris semua orang menyukainya. Terlebih, buah mangga jika kita jual akan mendatangkan banyak keuntungan. Guna memperoleh tabulampot mangga yang berkualitas baik dan unggul pada umumnya kita bisa memilihnya dengan cara melihat tanaman mangga tersebut berbunga. Jika tabulampot menghasilkan bunga dengan baik dan juga lebat, maka buah mangga yang akan dihasilkannya pun nanti akan manis dan lebat juga. Saat ini bibit tabulampot sudah banyak tersedia di pasaran.

Tabulampot Mangga Berbuah Manis dan Lezat [ ]

Tabulampot adalah sebuah solusi untuk orang-orang yang ingin menanam tanaman buah, tetapi hanya mempunyai lahan sempit. Disamping itu dengan teknik budidaya ini buah yang dihasilkannya pun akan sama enaknya dengan tanaman buah yang ditanam langsung di tanah. Cara budidaya tabulampot tanaman mangga ini cukup mudah dan tidak demikian banyak membutuhkan biaya. Pasalnya pohon mangga bisa tumbuh jika hanya dibiarkan hidup saja. Tanaman mangga dapat hidup sampai berumur 60 tahun.

Tanaman mangga terdiri dari bermacam-macam jenis, seperti mangga apel dan mangga golek. Kedua macam tanaman mangga itu adalah jenis mangga yang mempunyai cita rasa yang lezat sekali. Hal ini sudah bisa diketahui dari aroma buahnya yang khas. Oya, jika Anda ingin menanam tabulampot mangga di halaman rumah atau teras, berikut ini panduan singkatnya.

  • Kita mesti memilih bibit tanaman mangga yang akan ditanam sebelum melakukan penanaman. Pilih bibit dari jenis mangga yang menjadi kesukaan Anda, seperti harummanis, si manalagi dan lain sebagainya.
  • Bibit tanaman yang akan ditanam itu mesti tergolong bibit unggul dengan kriteria sehat, tidak terkena hama dan penyakit.
  • Bibit yang dipilih upayakan mesti sudah berumur 17 bulan dan daunnya masih dalam kondisi segar.
  • Kita harus mempergunakan pot yang berukuran besar untuk menanamnya dengan diameter sekitar 40 cm. Jika tidak ada Anda bisa menggunakan drum bekas sebagai pot atau wadah tanamnya.
  • Kemudian tanah bakar dimasukkan ke dalam pot, lalu dicampurkan dengan tanah humus/tanah gembur dan pupuk dengan proporsi seimbang atau sama.
  • Tanah dimasukkan hingga penuh sembari dilakukan penanaman.
  • Sesudah semuanya selesai dikerjakan, selanjutnya ialah tindakan penyiraman. Penyiraman air yang dilakukan mesti tepat takarannya supaya tidak mengalami kebanjiran.

Dalam proses tabulampot mangga ini mesti diadakan penggantian pot (repotting) pada tiap-tiap 2 tahun sekali sebab tanaman mangga pasti akan makin besar pertumbuhan tubuhnya akibatnya pot yang lama pasti tidak bisa memuat bobot beban yang baru. Makanya Anda harus melakukan pergantian pot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *