Menanam Umbi Bit Dengan Sistem Hidroponik

Menanam Umbi Bit Dengan Sistem Hidroponik

Urbanina.com – Banyak petani dan penggemar budidaya tanaman yang saat ini mengenal sistem tanam hidroponik. Sistem tanam hidroponik saat ini telah banyak berkembang dan diaplikasikan untuk menanam berbagai macam tanaman termasuk tanaman umbi-umbian. Beberapa tanaman umbi yang dapat ditanam dengan metode ini adalah kentang, wortel, bawang, umbi bit dan lain sebagainya. Masyarakat memang belum banyak mengetahui dan mengkonsumsi umbi bit, apalagi menanam umbi bit ini. Umbi dengan ciri khas berwarna ungu ini banyak digunakan untuk bahan baku makanan dan saat ini banyak petani yang membudidayakan tanaman ini karena nilai ekonominya yang cukup tinggi. Jika Anda ingin membudidayakan tanaman umbi bit dengan cara hidroponik maka tidak ada salahnya mencoba.

menanam umbi bit

Dalam menaman umbi yang mirip ubi jalar ini ada beberapa yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah hal-hal berikut ini :

  • Model atau sistem tanam

Dalam membudidayakan tanam dengan metode hidroponik ada berbagai model dan macam perangkat yang bisa digunakan. Sedangkan untuk menanam umbi bit dengan metode hidroponik sebaiknya menggunakan metode EBB and Flow atau pasang surut maupun menggunakan metode Dutch Bucket System atau sistem DB. Kedua model tanam tersebut direkomendasikan untuk menanam umbi bit karena air yang dialirkan tidak akan bertahan lama dalam media tanam sehingga tidak akan membuat akarnya terendam air terlalu lama karena pertumbuhan umbi bisa terhambat dan akarnya membusuk.

  • Media tanam

Karena model media tanam yang digunakan dalam menanam umbi bit menggunakan sistem EBB and Flow atau sistem DB maka media tanam yang digunakan harus memiliki rongga dan pori yang cukup besar  agar air tidak mengendap dalam wadah media tanam dan segera kembali ke dalam tangki penampung air. Media tanam yang bisa digunakan antara lain hidroton, kerikil, perlite dan vermiculite. Campuran perlite dan vermiculite adalah media yang dirasa lebih tepat untuk menanam umbi bit secara hidroponik.

  • Ukuran wadah media tanam

Wadah tanam yang digunakan untuk menanam umbi bit sebaiknya menyesuaikan ukuran umbi bit yang nanti dihasilkan. Gunakan wadah dengan ukuran yang sesuai misalnya menggunakan wadah media tanam berdiameter 10 cm dan kedalaman 15 cm. Wadah yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menghambat pertumbuhan umbi bit.

  • Penyemaian benih

Benih umbi bit yang dapat digunakan adalah benih umbi yang berkualitas baik. Penyemaian benih bisa dilakukan dengan menggunakan media pasir atau oasis cubes. Lakukan penyemaian dengan benar dan letakkan wadah penyemaian tersebut dalam ruang yang terlindung dalam cahaya. Setelah tanaman tumbuh dan memiliki dua atau tiga maka tanaman bisa dipindahkan pada perangkat media tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa bersihkan akarnya terlebih dahulu dengan menggunakan air mengalir sebelum bibit dipindahkan.

  • Suhu lingkungan dan pH larutan nutrisi

Umbi bit akan tumbuh baik diudara sejuk dan dengan rentang suhu sekitar 17 hingga 23 derajat celcius. jika ditanam dalam greenhouse didaerah dengan cuaca panas maka sebaiknya ruangan untuk menanam bit telah disesuaikan suhunya dengan menggunaan Air conditioner atau AC. pH larutan juga harus diperhatikan karena akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. pH terbaik untuk menanam umbi bit adalah 6,5 hingga 7.

Tanaman bit dapat ditumbuhkan dengan nutrisi AB mix atau nutrisi khusus hidroponik lainnya. Jika ditanam secara konvensional, umbi bit dapat dipanen setelah 2 hingga 3,5 bulan sedangkan dengan menggunakan hidroponik umbi bit dapat dipanen dalam waktu 1 hingga 2 bulan atau dengan kesimpulan umbi bit akan lebih cepat tumbuh dalam metode hidroponik dibandingkan jika ditanam dengan metode konvensional. Tertarik untuk mencoba budidaya tanaman umbi bit sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *