Cara Menanam Selada Dengan Hidroponik Rakit Apung

Urbanina.com – Perkembangan teknologi diberbagai bidang tidak hanya berpengaruh pada cara hidup manusia saja melainkan juga berpengaruh terhadap cara menumbuhkan tanaman. metode hidroponik yang merupakan salah satu inovasi dalam menanam tumbuhan sebenarnya sudah dikenal sejak zaman dahulu namun saat ini metode ini diterapkan dengan alat dan bahan serta metode yang sedikit berbeda. Salah satunya adalah metode rakit apung atau floating raft dimana tanaman yang tumbuh mengapung pada larutan nutrisi dengan bantuan beberapa perangkat. Jenis tanaman sayur yang mudah dibudidayakan dengan sistem ini diantaranya adalah selada. Tanaman selada yang tidak tumbuh besar dan mudah dirawat, cocok ditanam dengan metode ini terutama jika Anda tidak mempunyai cukup lahan untuk berkebun. Untuk mengetahui cara menanam selada dengan hidroponik rakit apung, simak ulasannya berikut ini.

menanam selada dengan hidroponik rakit apung

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Jangan membayangkan bahwa menanam selada dengan hidroponik rakit apung hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki sebuah kolam berukuran lebar atau dengan halaman yang luas, nyatanya metode ini dapat diterapkan dan dilakukan dalam ruangan yang sempit sekalipun. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan :

  • Benih tanaman selada berkualitas baik dari varietas yang diinginkan. Sebaiknya belilah benih yang masih dalam kemasan utuh. Rendam benih dengan air hangat semalaman sebelum disemai.
  • Wadah nutrisi bisa berupa bak atau baskom dengan kedalaman minimal 20 cm. pilih wadah berwarna gelap agar nutrisi tidak mudah ditumbuhi alga dan jamur.
  • Wadah media tanam berupa netpot atau jika tidak tersedia bisa menggunakan gelas plastik bekas air mineral.
  • Papan apung yang digunakan untuk meletakkan wadah media tanam bisa berupa sterofoam dengan ketebalan minimal 3 cm.
  • Media tanam rockwoll yang dipotong dengan ukuran 3x3x3 cm atau seukuran netpot maupun wadah tanam yang digunakan.
  • Nutrisi khusus hidroponik berupa nutrisi Ab Mix atau nutrisi hidroponik lainnya.
  • Aerator beserta selang yang dapat diperoleh ditoko yang menyediakan alat-alat akuarium.
  • Cutter atau pisau untuk melubangi sterofoam.
  • pH meter untuk mengukur pH larutan nutrisi beserta TDS meter untuk mengukur konsentrasi larutan.

Cara Menanam Selada Dengan Hidroponik Rakit Apung

Untuk menanam selada dengan hidroponik rakit apung, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama dalam menanam selada adalah menyemai benihnya. Benih disemai dengan menggunakan potongan rockwoll, caranya adalah dengan memasukkan satu hingga dua buah benih pada lubang yang dibuat pada potongan rockwoll dibagian tengah. Letakkan rockwoll yang telah diisi benih pada tray atau nampan semai. Basahi rockwoll dengan sedikit air kemudian simpan pada ruang yang terlindung cahaya atau dikegelapan hingga benihnya berkecambah. Setelah tumbuh tunas, wadah semai bisa diletakkan pada tempat yang mendapatkan cukup cahaya dan siramlah dengan sedikit air setiap hari agar tetap basah.
  2. Lubangi sterofoam seukuran netpot atau wadah media tanam dan isilah wadah tanam dengan larutan nutrisi yang telah disiapkan sebelumnya. Pasang aerator dan pastikan terdapat gelembung udara agar kebutuhan oksigen tanaman terpenuhi. Jangan lupa juga untuk mengecek pH dan konsentrasi larutan. pH terbaik untuk menanam selada adalah 5,5 – 6,5 dan dengan kadar nutrisi antara 600 hingga 1200 ppm.
  3. Bibit tanaman selada yang sudah tumbuh dapat dipindahkan pada wadah media tanam yang telah diletakkan pada sterofoam yang dipasang diatas wadah nutrisi. Bibit tanaman bisa dipindahkan langsung beserta potongan rockwoll tanpa perlu mencabutnya. Pastikan akar tanaman nantinya bisa menyentuh larutan nutrisi dan jarak antara sterofoam dengan larutan nutrisi sekitar 3-5 cm.
  4. Gantilah nutrisi jika larutan berbau dan tingkatkan juga kadar nutrisi saat tanaman semakin membesar. Tanaman selada yang dirawat dengan baik bisa dipanen setelah usia 45 – 60 hari.

Demikian cara mudah menanam selada dengan hidroponik rakit apung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE