Menanam Sayur Di Rumah dengan 4 Cara Ini

Urbanina.com - Cara menanam sayur di rumah cukuplah mudah. Untuk Anda yang senang bertanam, Anda tentu akan memanfaatkan lahan yang tersedia semaksimal mungkin. Anda bisa memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar rumah Anda. Bertanam di halaman atau bahkan di dalam rumah telah menjadi tren tersendiri saat ini. Maka dari itu tidak sedikit orang yang mencari tahu cara menanam sayur di rumah guna memanfaatkan lahan yang mereka miliki semaksimal mungkin. Keuntungan utama yang kita rasakan bila bertanam sayur di halaman rumah ialah Anda akan lebih giat merawatnya sebab tanaman Anda selalu kelihatan di mata Anda sehingga membuat Anda enggan bila melihat tanaman yang tidak terawat. Tetapi kerugiannya ialah rumah Anda akan agak nampak belukar bila Anda tidak pandai mengatur letaknya. Menanam Sayur di Rumah Ada berbagai cara menanam sayur di rumah, diantaranya:
  1. Menciptakan Kebun Vertikal
Cara menanam sayur di rumah yang tren ialah membuat kebun vertikal. Anda dapat membangun rak dari kayu yang tersusun ke atas atau bekas rak sepatu Anda. Anda harus memperhatikan tinggi kebun vertikal tersebut supaya tidak kesulitan dalam memeliharanya. Ketinggian kebun vertikal pun turut memberi pengaruh pada cahaya sinar matahari yang didapat.
  1. Menggunakan Polybag
Cara menanam sayur di rumah dapat juga dilakukan dengan menggunakan polybag. Caranya sangatlah mudah dan tidak jauh beda dengan cara bercocok tanam pada lahan biasa. Anda dapat menyesuaikan ukuran polybag menurut keperluan Anda. Anda pun dapat menanam beragam macam sayur di halaman atau dalam rumah Anda dengan menggunakan polybag.
  1. Menggunakan Ember
Apabila Anda mempunyai ember cat atau baskom yang telah tidak digunakan lagi, mengapa tidak memanfaatkannya untuk tempat menanam sayur di halaman atau dalam rumah Anda? Gunakanlah ember dengan warna yang menarik, jika perlu catlah ember dengan warna yang sesuai dengan halaman rumah.
  1. Menanam Di Dinding Rumah dan Pagar
Cara menanam sayur di rumah dapat pula menggunakan dinding rumah atau pagar rumah Anda. Anda cuma butuh menanam sayuran di dalam botol bekas atau wadah yang lainnya dan menempatkannya di dinding rumah Anda. Cukup mudah, bukan? Cara bertanam seperti ini dapat mencapai tempat yang cukup tinggi sehingga Anda perlu memakai bantuan tangga guna memelihara tanaman Anda. Sesudah Anda mengenali berbagai cara menanam sayur di rumah, Anda pun perlu mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menanamnya, yakni:
  1. Upayakan supaya tanaman memperoleh cukup sinar matahari sebab sinar matahari penting sekali untuk pertumbuhan sayur yang ditanam.
  2. Lakukanlah penyiraman secara teratur dan rutin, terlebih pada saat musim kemarau. Penyiraman penting sekali dilakukan untuk memelihara kelembaban tanaman sayur.
  3. Beberapa sayuran ada yang benar-benar membutuhkan pupuk. Anda sebaiknya memberikan pupuk organik supaya lebih sehat.
Setelah Anda mengetahui beberapa cara menanam sayur di rumah, sepertinya sudah tak ada alasan lagi untuk Anda buat bermalas-malasan. Disamping itu, menanam sayuran di halaman atau di dalam rumah Anda akan membantu Anda menghemat uang belanja dan mendatangkan penghasilan tambahan (income) jika menjual hasil panen sayurnya pada para tetangga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *