Menanam Microgreen Bunga Matahari Dalam Kotak Plastik

Menanam Microgreen Bunga Matahari Dalam Kotak Plastik

Urbanina.com –¬†Kita mengenal bunga matahari sebagai salah satu jenis bunga yang indah sebagai hiasan taman dan juga bijinya yang biasa dikonsumsi sebagai cemilan atau yang populer dengan sebutan kwaci. Ternyata tidak hanya bijinya saja yang bisa dikonsumsi, tanaman bunga matahari sendiri juga bisa dijadikan sebagai sayuran bergizi. Tidak percaya? Memang pasti asing untuk sebagian orang terutama amasyarakat Indonesia karena bunga yang berbentuk matahari ini baik daun maupun batangnya tidak biasa dikonsumsi sebagai makanan. Jangan salah, tanaman bunga matahari yang bisa dikonsumsi bukanlah tanaman yang sudah tumbuh tinggi dan dewasa melainkan dalam bentuk microgreens.

bunga matahari

Microgreens sendiri saat ini tengah populer dijadikan sebagai bahan salad. Istilah microgreens diberikan pada tanaman sayur yang dipetik dan dikonsumsi sebelum dewasa atau sekitar 2 minggu setelah tanaman berkecambah. Hampir serupa dengan kecambah tapi microgreen tumbuh lebih tinggi daripada kecambah itu sendiri. Lalu bagaimana cara menanam bunga matahari sebagai microgreen dengan cara yang mudah?

Siapa sangka, utnuk mendapatkan sayuran segar yang bisa dikonsumsi sebagai salad ternyata tidak hanya dengan membudidayakannya dengan metode dan teknik tertentu. Jika Anda tergolong orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk berkebun, menanam microgreens bisa menjadi salah satu alternatif. Mudah saja, tanaman ini bisa ditanam dalam wadah apapun tanpa memerlukan berbagai alat dan bahan serta hanya memerlukan beberapa hal seperti media tanam, benih dan air saja. Llau bagaimana cara menanamnya?

Untuk menanam benih bunga matahari maka Anda membutuhkan sebuah wadah, tak perlu besar, wadah yang digunakan bisa berukuran sebesar kotak salad atau salad bos maupun kotak makan Anda. Sediakan juga tanah organik yang bisa diperoleh di toko-toko pertanian. Ikuti langkah berikut ini untuk menanam bunga berbentuk matahari dalam sebuah kotak plastik atau salad box.

  • Siapkan wadah berupa kotak plastik, taburi permukaannya dengan tanah organik (tanah yang dicampur dengan pupuk organik) atau media potting soil yang bisa didapat di toko pertanian.
  • Taburi tanah pada permukaannya tapi jangan terlalu tebal kemudian sebar atau letakkan benih pada permukaan tanah tersebut.
  • Semprot benih dan tanah dengan sedikit air kemudian tutupi lagi bagian atasnya dengan tanah yang tipis. Hal ini bertujuan agar tanah pada wadah tersebut tetap lembab dan mampu mendukung pertumbuhan kecambah.
  • Letakkan wadah plastik tersebut ditempat yang teduh dan tutup dengan kain hangat. Jika diperlukan, letakkan wadah tersebut didekat lampu tapi usahakan jangan terlalu dekat atau terlalu terang karena bisa berpengaruh pada laju perkecambahan.
  • Semprot tanah dan benih setiap hari secara teratur tapi jangan sampai terlalu becek.
  • Jika tanaman sudah tumbuh cukup tinggi dan melebihi tinggi kotak salad maka tanaman bunga matahari Anda sudah siap dipetik dan dikonsumsi.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi microgreens terutama tanaman bunga matahari. Tidak hanya bernutrisi, sayuran microgreens bunga yang berbentuk matahari ini juga memeliki rasa yang enak hampir seperti rasa bijinya dan teksturnya yang renyah sangat cocok dijadikan sebagai salad. Saat menanam benih dengan menggunakan kotak plastic atau wadah apapun, pastikan wadah tersebut aman untuk digunakan atau memiliki label food grade. Setelah dipotong, sayuran juga tidak bisa tumbuh kembali, oleh sebab itu tanamlah benih yang baru dan gantilah media tanam jika Anda ingin menumbuhkannya kembali. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *