Cara Menanam Kangkung Hidroponik Wick Sederhana

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Wick Sederhana

Urbanina.com – Ada banyak teknik yang bisa dilakukan untuk menanam sayuran salah satunya adalah metode hidroponik. Sistem hidroponik adalah suatu sistem tanam dengan menggunakan media air dan nutrisi khusus yang mengandung berbagai unsur hara yang diperlukan tanaman. Salah satu metode hidroponik yang bisa digunakan untuk menanam sayuran khususnya bagi pemula adalah metode hidroponik wick. Sistem ini juga dikenal dikenal sebagai sistem tanam hidroponik sumbu. Berbagai jenis sayuran bisa dibudidayakan dengan metode ini contohnya tanaman kangkung yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Untuk menanam kangkung hidroponik wick ini Anda juga tidak perlu repot-repot membeli dan mempersiapkan peralatan yang menguras kantong, Anda bisa menanam kangkung dengan peralatn sederhana yang ramah lingkungan dan tentunya lebih murah. Untuk mengetahui lebih lanjut cara menanam kangkung hidroponik wick, simak uraiannya berikut ini.

kangkung hidroponik wick

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Untuk menanam kangkung hidroponik wick alat dan bahan yang diperlukan cukup sederhana, diantaranya :

  • Benih kangkung air, bisa didaptkan ditoko pertanian atau toko yang menyediakan benih tanaman. Pilih benih kangkung dengan kualitas yang baik agar hasil yang didapat maksimal.
  • Botol bekas air mineral atau bisa juga menggunakan gelas plastik bekas air mineral. Jika tersedia dan ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan netpot khusus hidroponik sehingga tidak perlu lagi memotong dan melubanginya.
  • Media tanam berupa arang sekam. Arang sekam dipilih karena selain harganya yang ekonomis, arang sekam mampu menyimpan air dengan lebih baik.
  • Gunting atau cutter yang digunakan untuk memotong botol bekas air mineral.
  • Paku atau solder yang digunakan untuk melubangi gelas atau botol bekas air mineral.
  • Nutrisi hidroponik seperti nutrisi AB mix yang biasa digunakan untuk menanam sayuran dengan metode hidroponik.
  • Sumbu kompor yang terbuat dari kain atau kain flanel yang berdaya serap tinggi.

Proses Menanam Kangkung Dengan Metode Wick

Untuk proses menanam kangkung hidroponik wick, ikuti langkahnya berikut ini

  1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah memeprsiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyemai benih kangkung. Benih kangkung bisa disemai pada arang sekam yang dibasahi atau jika tidak ingin menyemainya, benih kangkung bisa direndam dalam air hangat agar lebih cepat berkecambah dan diletakkan diruangan yang gelap atau tidak terkena cahaya.
  2. Potong botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter menjadi dua bagian. Bagian atas botol nantinya akan diletakkan terbalik pada botol bagian bawah dan digunakan sebagai tempat meletakkan netpot atau gelas plastik yang menampung media tanam. Botol bagian bawah nantinya diisi dengan larutan AB Mix yang telah dicampur dengan air.
  3. Setelah tanaman berkecambah, benih bisa diletakkan pada media sekam yang diletakkan dalam netpot dan selanjutnya diletakkan pada botol yang berisi larutan nutrisi hidroponik. Jangan lupa untuk mengatur sumbu yang digunakan untuk melarutkan nutrisi pada media tanam. Kain flanel atau sumbu kompor bisa diikat pada ujung tutup botol yang diletakkan terbalik dengan bagian atas menyentuh media tanam dan bagian bawah kain menyentuh larutan nutrisi. Letakkan botol tanaman tersebut pada ruangan yang cukup terkena cahaya.
  4. Lakukan pengecekan nutrisi secara berkala misalnya setiap minggu dan gantilah larutan nutrisi dengan yang baru jika larutan mengeluarkan bau.
  5. Setalah 3 atau 4 empat minggu tanaman kangkung tumbuh besar dan siap untuk dipanen.

Mudah bukan? Anda bisa mencobanya dirumah dan jika berhasil, rasakan perbedaan antara kangkung yang Anda beli dipasar dengan kangkung yang Anda tanam sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *