Cara Menanam Kangkung Darat Organik Di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Kangkung Darat Organik Di Pekarangan Rumah

Urbanina.com – Siapa yang tak kenal dengan kangkung darat organik? Kangkung darat atau Ipomoea reptans adalah salah satu tanaman yang merakyat dikalangan masyarakat Indonesia dan disukai banyak orang baik tua ataupun muda. Selain mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, tanaman kangkung mudah didapat dan bernilai ekonomis sehingga banyak orang yang mencoba untuk membudidayakannya sendiri di pekarangan rumah bahkan ada juga yang menanamnya di dalam rumah karena tidak mempunyai cukup lahan.  Jika Anda memiliki lahan kosong atau pekarangan diarea rumah, anda bisa mencoba membudidayakan tanaman kangkung secara organik, karena selain lebih sehat kangkung organik yang ditanam sendiri juga memiliki nilai jual yang tinggi mengingat sayuran organik yang bebas bahan kimia dan tidak berdampak negatif bagi kesehatan.

kangkung darat organik

Pada dasarnya ada dua jenis kangkung yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat yakni kangkung air dan kangkung darat. Perbedaan antara dua jenis kangkung ini cukup mencolok dan dapat dikenali dengan mudah. Tanaman kangkung darat cenderung memiliki daun yang lebih runcing dan warna yang lebih cerah sementara kangkung air daunnya berukuran lebih besar dengan warna yang lebih gelap. Masyarakat biasanya lebih menyukai kangkung darat organik karena selain terlihat lebih menarik, kangkung darat organik juga memiliki rasa yang lezat dengan tekstur yang renyah. Untuk mengetahui bagaimana cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam kangkung secara organik? Simak uraiannya berikut ini.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam kangkung darat dilahan kosong, Anda tidak memerlukan banyak alat dan bahan seperti halnya menanam kangkung dengan metode hidroponik maupun aquaponik. Alat-alat yang dibutuhkan hanya sebatas alat yang digunakan untuk mengolah tanah seperti cangkul untuk menggemburkan tanah dan membuat bedengan, sekop kecil untuk membuat lubang, selang atau ember untuk wadah air yang digunakan untuk menyiram tanaman dan alat-alat kebun pada umumnya. Bahan yang dibutuhkan adalah benih kangkung darat berkualitas baik yang bisa diperoleh dari toko pertanian. Selain itu dalam metode tanam organik Anda juga akan membutuhkan pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang.  Jenis pupuk ini bisa didapatkan dengan cara membuatnya sendiri dari sisa sampah atau limbah rumah tangga atau jika ingin lebih praktis, Anda bisa membelinya ditoko yang menyediakan alat dan bahan pertanian.

Proses Penanaman Kangkung Darat Organik Di Pekarangan

Adapun langkah-langkah untuk menanam kangkung darat secara organic diarea pekarangan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan lahan terlebih dahulu dengan mencangkul dan menggemburkan lahan karena benih tidak dapat tumbuh dengan baik ditanah yang kering. Buatlah tegalan atau gundukan tanah pada pekarang yang akan ditanami tersebut kemudian sebarkan pupuk kandang atau pupuk kompos diatasnya. Biarkan selama semalam.
  2. Setelah tanah siap maka benih kangkung bisa disebarkan secara merata diatas gundukan tanah atau tegalan tersebut kemudian tutupi benih tersebut dengan tanah dan benih terkubur didalamnya. Benih yang telah tersebar diatas tanah tersebut sebaiknya ditutup dengan menggunakan plastik dengan panjang sesuai area gundukan tanah selama semalam dan dengan jarak sekitar 30 cm dari permukaan tanah.
  3. Sirami tanah tersebut dua hari sekali. Kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat menanam kangkung darat adalah jangan sampai Anda lupa untuk menyiramnya setiap hari.
  4. Bibit kangkung yang telah disebar biasanya akan tumbuh setelah hari kelima dan jika kangkung sudah tumbuh membesar lepaskan tutup platik yang digunakan untuk menutupnya selama penyemaian. Kangkung darat tidak memerlukan banyak perawatan, hanya sesekali berilah tambahan pupuk organik sekali dalam seminggu dan jangan lupa untuk menyiraminya.
  5. Kangkung akan siap dipanen setelah 25 hingga 30 hari sejak benih disebar dan jika tidak ingin sekali panen, potong bagian atasnya saja dan biarkan tanaman tumbuh kembali.

Demikian cara mudah menanam kangkung darat diarea pekarangan rumah Anda dengan metode organic. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *