Menanam Kacang Hijau Hidroponik

Menanam Kacang Hijau Hidroponik

Urbanina.com – Sistem tanam hidropnik adalah salah satu sistem yang bisa diterapkan untuk menanam tanaman jenis apa saja dan menggunakan metode ini memiliki banyak kelebihan diantaranya lebih hemat lahan dan lebih cepat panen dibandingkan dengan metode tanam konvensional. Salah satu tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik adalah kacang hijau. Seperti yang kita ketahui kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk memperbaiki sel-sel tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Jika Anda ingin menanam tanaman kacang hijau Anda sendiri anda bisa menggunakan metode hidroponik yang dapat dipraktekkan meski lahan yang Anda miliki terbatas. Selain itu mengingat kacang hijau adalah tanaman yang tumbuh baik dimusim kemarau, maka dengan menggunakan metode hidroponik maka kacang hijau dapat ditanam kapan saja dan sepanjang tahun. Metode hidroponik dapat dilakukan dengan beberapa model dan untuk menanam tanaman kacang hijau yang hemat lahan bisa menggunakan Untuk menanam kacang hijau secara hidroponik ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Berikut ini dijelaskan bagaimana cara menanam kacang hijau dengan metode hidroponik pasang surut.

menanam kacang hijau

Alat dan bahan yang diperlukan ;

  • Perangkat hidroponik pasang surut yang terdiri dari tangki penampung air dan nutrisi, wadah media tanam berupa netpot, selang penghubung tangki dan wadah media tanam tersebut dan pompa yang akan mengalirkan air untuk membanjiri media tanam. Perangkat disusun sedemikian rupa. Jika tidak bisa membuat perangkat sendiri maka Anda bisa membeli perangkat yang sudah jadi di toko peralatan hidroponik,
  • Benih kacang hijau. Gunakan benih berkualitas baik yang dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko pertanian.
  • Larutan nutrisi khusus hidroponik atau larutan AB Mix dan jika tidak bisa memperolehnya bisa menggunakan nutrisi hidroponik organik yang dibuat sendiri.
  • Media tanam. Beberapa media yang bisa digunakan untuk menanam kacang hijau dengan metode hidroponik adalah rockwool, arang sekam maupun cocopeat namun untuk metode pasang surut sebaiknya gunakan media yang memiliki porositas tinggi seperti rockwoo, hudroton maupun kerikil. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman tidak terendam air terlalu lama hingga menyebabkan pembusukan pada akar.

Cara menanam kacang hijau :

  1. Benih yang digunakan untuk menanam kacanghijau tidak perlu disemai tyerlebih dahulu. Jika perangkat hidroponik sudah siap maka benih dapat diletakkan langsung dalam media tanam yang telah disusun dalam perangkat. Letakkan 2 atau 3 butir benih pada masing-masing media tanam.
  2. Tanaman kacang hijau memerlukan intensitas cahaya yang cukup tinggi, jika menanam kacang hijau dalam ruangan maka pastikan tanaman mendapatkan 13 jam pencahayaan dari sumber cahaya buatan yang setidaknya berdaya 1000 watt. Saat tanaman mulai berbunga maka penyinaran atau pencahayaan dapat ditingkatkan hingga 16 jam perhari.
  3. Suhu yang paling baik untuk menanam kacang hijau adalah sekitar 22 – 27 derajat celcius. perhatikan tanaman yang tumbuh dengan baik. Jika terlihat tanda-tanda defisiensi pada tanaman maka larutan perlu ditambah dengan nutrisi sesuai dengan gejala defisiensi yang ditunjukkan.

Jika dirawat dengan baik tanaman kacang hijau akan mulai berbuah setelah 1,5 bulan dan bisa dipanen setelah usianya lebih dari dua bulan. Perangkat hidroponik untuk menanam kacang hijau dapat diletakkan dalam ruangan maupun diluar ruangan dan jika Anda ingin menanam jenis kacang lainnya, Anda juga bisa menerapkan metode tersebut. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *