Menanam Durian Pelangi Di Dalam Pot

Menanam Durian Pelangi Di Dalam Pot

Urbanina.com – Biasanya durian mempunyai daging buah dengan warna kuning. Akan tetapi pada buah durian pelangi ternyata warna pada daging buahnya adalah kombinasi warna merah, coklat muda dan kuning muda. Ketiga warna itu membangun nuansa layaknya warna pelangi. Disamping warnanya yang menarik, durian pelangi pun mempunyai cita rasa buah yang lezat. Alhasil banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya di rumah. Namun bagaimanakah cara menanam durian pelangi di dalam pot?

Tanaman durian pelangi adalah salah satu jenis durian unggulan yang berasal dari tanah Papua. Tanaman durian pelangi dapat mencapai tinggi hingga 25 meter. Tanaman durian pelangi bisa tumbuh subur di wilayah berdataran rendah ataupun tinggi. Tanah yang cocok untuk media tanamnya adalah tanah yang  banyak mengandung unsur hara, gembur, dan bebas gulma. Perlu diingat bahwa tanaman durian pelangi memerlukan penyinaran dari cahaya matahari sepanjang hari.

Menanam Durian Pelangi di Dalam Pot [ ]

Tanaman durian pelangi memiliki umur terbilang amat panjang. Umur tanaman ini dapat mencapai 100-150 tahun. Tanaman buah yang saat ini dikembangkan di Banyuwangi ini adalah hasil persilangan antara durian merah, durian putih dan durian kuning. Nah, dari paduan ketiga jenis durian itu, terbentuklah durian yang mempunyai paduan warna yang cantik sekali. Disamping menarik, buah durian ini sanggup bertahan dalam kondisi segar selama 6-7 hari sesudah jatuh dari pohon.

Di dalam buah durian pelangi ini ada kandungan antioksidan, betakaroten dan beberapa vitamin yang berguna untuk tubuh. Mengkonsumsi buah durian pelangi secara rutin diyakini bisa membantu anda untuk mencegah depresi, menyembuhkan anemia, dan mempertahankan kesehatan kulit serta antipenuaan dini karena kaya akan vitamin C. Buah durian pelangi pun memiliki kandungan senyawa kalsium, potasium dan tembaga yang baik untuk memelihara kesehatan kelenjar tiroid, bagus untuk persendian dan kesehatan tulang.

Bila Anda tidak mempunyai lahan yang luas, tetapi ingin membudidayakan durian pelangi, sebaiknya Anda tidak usah kuawatir. Anda dapat menanam durian pelangi di dalam pot. Tetapi bagaimana cara menanam durian pelangi di dalam pot? Dengan diameter sedikitnya 60 cm maka Anda dapat mempunyai tanaman durian yang sanggup  tumbuh sampai 15 meter. Tetapi bisa disesuaikan tingginya dengan kemauan Anda. Pasalnya tentu saja tabulampot akan terlihat manis bila tumbuhnya tidak terlampau tinggi. Pemangkasan harus dilakukan secara rutin agar tanaman dapat tumbuh sampai ketinggian yang sesuai dengan kehendak Anda. Penyiraman dilakukan sebanyak 1 kali dalam 1 hari menggunakan 1 liter air. Berikan juga pupuk NPK daun tiap-tiap 1 bulan sekali.

Anda tertarik dengan cara menanam durian pelangi di dalam pot? Tidak usah lagi pergi jauh-jauh ke tanah Papua untuk menikmatinya, Anda bisa menyantapnya secara langsung dari halaman rumah Anda sendiri. Daging buah durian pelangi ini tebal, manis rasanya dan gurih serta memiliki tekstur lembut sedikit lengket bila dikunyah di dalam mulut. Kadar alkohol yangterdapat pada durian pelangi ini pun lebih rendah dibandingkan dengan durian varietas yang lainnya. Produktivitas buah durian pelangi termasuk tinggi sebab dapat memproduksi 500 buah dalam setiap tahunnya. Sekarang di daerah banyuwangi banyak dipasarkan dan dikembangkan durian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *