Menanam Bawang Putih dengan Sistem Tanam Hidroponik

Menanam Bawang Putih dengan Sistem Tanam Hidroponik

Urbanina.com – Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini? Bawang putih adalah salah satu umbi tanaman yang banyak digunakan untuk keperluan memasak. Umbi bawang yang berwarna putih ini memiliki aroma yang khas dan dapat membuat masakan semakin harum dan nikmat. Tidak hanya menambah cita rasa masakan, bawang putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama bagi penderita hidertensi atau penderita tekanan darah tinggi. Mungkin anda sering bertanya-tanya apakan menanam bawang putih bisa dilakukan dengan metode hidroponik dan tanpa menggunakan tanah? Jawabannya adalah bisa.

menanam bawang putih

Bawang putih bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik meskipun tentu saja dibutuhkan perawatan dan perhatian lebih. Meskipun demikian, tidaklah begitu sulit untuk menanam bawang putih dalam media tanam hidroponik. Untuk menanam bawang putih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik termasuk bagaimana cara menanamnya dengan benar. Cara membudidayakan bawang putih tidak jauh berbeda dengan membudidayakan tanaman jenis umbi lainnya tapi ada baiknya simak tips berikut ini.

Pemilihan Benih Bawang Putih

Bawang putih sebenarnya bisa dibudidayakan dengan mudah secara hidroponik. Jika anda ingin menanamnya untuk konsumsi keluarga maka tanaman ini bisa dibudidayakan dalam jumlah sedikit. Saat ditanam, tanaman bawang putih akan mengeluarkan aroma khasnya jadi sebaiknya letakkan perangkat tanam ditempat yang terlindungi dan tidak mengganggu anggota keluarga. Bawang putih dapat ditanam dari benihnya dan biasanya tersedia di toko yang menyediakan alat dan bahan pertanian, meskipun demikian bawang putih juga bisa ditanam dari siung bawang putih yang biasa digunakan untuk memasak. Gunakan hanya bibit yang sehat dan tidak busuk karena hal ini tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan bawang putih. Satu segmen atau siung bawang putih yang ditanam akan menghasilkan segmen lainnya dan menghasilkan umbi bawang putih yang utuh.

Tips ; sebelum memindahkan bibit bawang putih dalam media tanam hidroponik, anda dapat merendam setengah bagian segmen bawang putih dalam gelas tapi jangan merendam keseluruhan umbi tersebut. Biarkan hingga akarnya muncul dan baru anda bisa memindahkannya dalam media tanam setelah akarnya tumbuh.

Penggunaan Media dan Faktor Tanam

Beberapa media tanam hidroponik yang dapat digunakan untuk menanam bawang putih diantaranya perlite, vermiculite, atau kombinasi keduanya yakni potting soil, atau dapat juga menggunakan cocopeat. Karena bawang putih merupakan tanaman yang menghasilkan umbi tentu saja tidak bisa ditanam dimedia yang solid seperti rockwool atau hidroton. Dalam menaman bawang putih ada beberapa faktor yang harus dipenuhi diantaranya adalah pH media dan nutrisi tanaman sebaiknya ada direntang 6 hingga 6,5. Tanaman ini juga membutuhkan suhu yang relative sejuk yakni sekitar 15 hingga 25 derajat celcius. Selain itu tanaman bawang putih juga membutuhkan setidaknya 6 jam pencahayaan dan selebihnya biarkan dalam gelap karena tanaman ini membutuhkan fase gelap dalam masa tumbuhnya.

Perawatan Tanaman

Merawat tanaman bawang putih tidaklah terlalu sulit anda hanya perlu memastikan mendapatkan cukup nutrisi dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya terjaga dengan baik. Bawang putih adalah salah satu jenis tanaman yang sangat jarang diserang hama karena tanaman ini memiliki aroma yang khas dan kandungan zat aktifnya dapat mengusir hama. Senyawa allicin yang terkandung dalam aroma bawang putih sebenarnya adalah salah satu senyawa pertahanan alami yang melindungi tumbuhan dari serangan hama seperti serangga dan jamur. Jika tumbuh dengan baik bawang putih dapat dipanen setelah satu hingga dua bulan dan tanda bahwa bawang siap dipanen adalah separuh daunnya yang berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah dipanen, gantungkan bawang putih ditempat yang teduh dan sebaiknya diangin-anginkan selama 6 minggu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *