Langkah Tepat Mempercepat Stroberi Supaya Berbuah

Urbanina.com – Stroberi yang dalam bahasa Latin disebut Fragaria Xananassa Duchesne adalah buah yang termasuk ke dalam golongan beri-berian yang diketahui mengandung banyak zat antioksidan. Itulah alasannya mengkonsumsi buah stroberi akan menyajikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah kanker, membantu menambah sistem kekebalan tubuh, dan mencegah serangan radikal bebas. Sejak tahun 1990-an budidaya stroberi di Indonesia telah dilakukan di daerah Jawa Barat yang berhawa dingin, seperti Bandung. Sayang sekali, ada sebagian pembudidaya stroberi yang mengalami kendala dengan tanamannya yang telat berbuah. Adakah langkah tepat mempercepat stroberi supaya berbuah?

Stroberi merupakan buah yang telah dikenal semenjak zaman Kerajaan Romawi. Beberapa jenis stroberi yang banyak dibudidayakan masyarakat antara lain Ananassa (Fragaria ananassa), Holland, California (Fragaria vesca) dan Fragaria nilgerrensis yang oleh masyarakat setempat disebut stroberi Nyoho. Tanaman ini akan mengalami fase vegetatif dan generatif secara alamiah. Pada fase vegetatif membuat tanaman ini cuma sekedar memperbanyak stolon, batang, tunas dan daun. Sementara itu pada fase generatif membuat tanaman ini akan mulai mengeluarkan bunga dan menghasilkan buah. Jadi supaya stroberi dapat cepat menghasilkan buah, maka Anda mesti merangsang tanaman ini secepatnya berada pada fase generatif. Tindakan perangsangan ini merupakan langkah tepat mempercepat stroberi supaya berbuah lebat.

Langkah Tepat Mempercepat Stroberi Supaya Berbuah [ ]

Pada setiap fase ada unsur hara utama yang menentukan. Pada fase vegetatif dipengaruhi oleh adanya unsur hara utama N, sedangkan pada fase generatif unsur P dan K merupakan unsur hara utama yang bermain. Pemberian unsur hara yang mengandung unsur P dan K berlimpah pada tanaman stroberi adalah langkah tepat mempercepat stroberi supaya berbuah dan sebelum kita lebih jauh mengulas tentang unsur N, P, dan K ini ada baiknya simak dahulu hal-hal lainnya yang dapat dilakukan supaya stroberi mudah menghasilkan buah.

Pemangkasan Stolon

Stolon (sulur) adalah salah satu pertanda stroberi masih ada dalam fase vegetatif. Pangkas saja stolon itu, kecuali Anda punya niat untuk menambah banyak pohon stroberinya.

Pemotongan Daun Tua

Potonglah daun tua dan rusak yang ada pada tanaman karena daun-daun tua menghambat proses fotosintesis mengakibatkan buah jadi lambat munculnya. 

Penggemburan Media Tanam

Lakukan penggemburan pada media tanam karena metan yang gembur akan mempermudah akar menjangkau unsur-unsur hara di dalam media tanam dan mempermudah air nutrisi mencapai ke perakaran.

Pemberian Pupuk Kimia

Pemberian pupuk kimia dapat mempercepat tanaman berbuah, namun sebaiknya dihindari pemakaiannya, kecuali bila Anda memang menginginkannya. Gunakan pupuk NPK mutiara dengan dosis 1-2 gr/pohon atau ZPT yang khusus buat merangsang buah.

Pemberian Pupuk Organik

Pemupukan pada tanaman/pohon stroberi dapat dilakukan juga secara organik dan caranya mudah sekali. Anda cuma perlu menyediakan kulit pisang dan cangkang telur lalu cangkang telur itu dihancurkan terus ditaburkan ke media tanam.

Kulit pisang pun baik untuk dipergunakan menjadi perangsang buah. Lebih baik kulit pisang dijemur terlebih dulu hingga sedikit kering dan warnanya kehitaman. Kulit pisang itu diiris lalu dicampurkan dalam media tanam. Pengirisan bertujuan supaya kulit pisang mudah terurai dan unsu hara di dalamnya dapat langsung diserap oleh akar tanaman.

Semoga dengan langkah tepat mempercepat stroberi supaya berbuah di atas dapat membantu Anda sehingga Anda pun dapat segera memetik hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *