Inilah Cara Menanam Durian Montong yang Lezat dan Mudah

Urbanina.com – Anda suka makan buah durian montong tetapi tidak ingin menunggu musim durian tiba sebab inginnya setiap saat makan buah durian waktu ingin menikmatinya. Oleh karena itu disarankan untuk mempunyai tanaman durian sendiri dan Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara menanam durian montong yang lezat dan mudah.

Menanam dan memanen buah durian montong sepertinya kedengaran amat menyenangkan. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin tahu cara menanam durian montong yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan sendiri.

Inilah Cara Menanam Durian Montong yang Lezat dan Mudah [ ]

Berikut ini urbanina ulas mengenai cara menanam durian monting yang lezat dan mudah agar Anda tidak penasaran.

Persiapkan Lahan

Lahan mesi bersih dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya yang menghambat masuknya sinar matahari. Sebaiknya pembukaan lahan dilakukan pada musim kemarau supaya pada musim penghujan lahan telah bisa digunakan.

Selanjutnya buat lubang pada tanah lahan kira-kira 50-60 cm. Lubang dibiarkan tanpa perlakukan apa-apa selama sekitar dua minggu. Kemudian diberi pupuk kandang dan dibiarkan kembali selama kira-kira satu minggu agar pupuknya menyerap sempurna. Untuk jarak tanamnya, upayakan berjarak kira-kira 10 × 10 meter.

Pilih Bibit Unggul

Anda harus memilih bibit tanaman yang berbentuk baik, dapat dilihat dari daun bibitnya. Bila daunnya terlihat masih segar maka bibit tanaman durian montong itu bakal tumbuh subur dan memproduksi buah relatif banyak. Tetapi jika dedaunannya banyak yang mati maka bibit tanaman itu bisa jadi belum memiliki perakaran yang sempurna. Untuk amannya pilih bibit tanaman yang memiliki kualitas baik, ditandai dari bentuknya yang maksimal dan tidak mempunyai cacat.

Perawatan

Lakukan penyiraman dimulai dari awal pertumbuhan hingga tanaman siap untuk berbuah. Ketika tanaman mengeluarkan bunga disarankan intensitas penyiramannya dikurangi. Menyiram Tanaman durian montong sangat baik disiram waktu pagi hari. Lakukan penyiangan terhadap gulma atau benalu yang terdapat di seputar tanaman agar nutrisi yang dibutuhkan oleh durian montong tidak diserap oleh berbagai parasit itu. Lakukan juga pemangkasan ranting yang sudah mati agar tidak menghambat masuknya cahaya matahari.

Pemupukan juga jangan sampai kelupaan, disamping memberikan pupuk pada awal tanam durian montong, pemupukan juga mesti dilakukan secara periodik, kadang-kadang pupuk kandang diberikan pada awal musim kemarau sebanyak tiga kali selama setahun dan tiga tahun pertama, Anda bisa memberikan pupuk NPK yang kadar N(Nitrogen)-nya tinggi.

Pemberantasan Hama

Beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman durian salah satunya adalah penyakit busuk akar yang disebabakan oleh jamur Phytophthora palmivora yang bila dibiarkan lambat laun akar itu membusuk lantas tanaman durian pun akhirnya mati. Penyakit ini bisa diatasi dengan menyemprotkan pestisida khusus jamur di bagian pangkal tanaman durian itu.

Panen

Tanaman durian motong biasanya akan memproduksi buah ketika berumur 4-5 tahun. Jika ukuran buah sudah mencapai diameter sekitar 10 cm maka batang tanaman durian montong  diikat dengan menggunakani tali agar ketika matang kelak buah durian tak akan terjatuh dan penyok atau rusak berat.

Demikianlah cara menanam durian montong yang lezat dan mudah telah kami uraikan, selamat mencoba dan mudah-mudahan Anda sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *