Durian Duri Hitam, Jenis Durian Unggul Tercepat Berbuah

Durian Duri Hitam, Jenis Durian Unggul Tercepat Berbuah

Urbanina.com – Malaysia memang amat termasyhur dengan beragam macam varietas durian hasil persilangannya. Maklum saja di negari jiran tersebut mayoritas penduduknya menyukai buah beraroma tajam ini. Menilik peluang bisnis budidaya durian ini terbilang besar, maka pemerintah diraja Malaysia tidak lelah melakukan berbagai persilangan varietas durian yang akan melahirkan bibit tanaman durian jenis baru dengan kualitas yang lebih baik. Durian duri hitam atau black thorn yang lebih dikenal juga dengan sebutan ochee.

Durian duri hitam merupakan salah satu varietas durian yang dikembangkan dan diunggulkan di Malaysia selain durian musang king. Varietas durian ini mulai hadir di Malaysia bagian Utara sejak tahun 1980-an dan mulai memperoleh reputasinya pada tahun 2005. Beberapa ciri tanaman durian duri hitam antara lain tekstur daging buahnya lembut dan creamy, aromanya harum,  dan daging buahnya memiliki warna kuning keemasan. Durian ini memang memiliki biji sedang, tetapi mempunyai jumlah susunan pongge yang lebih banyak ketimbang durian jenis lainnya. Rasanya juga manis legit agak pahit tetapi akan langsung meleleh bersama rasa legitnya.

Menikmati buah durian dari jenis yang satu ini tentunya selalu menyebabkan kita ketagihan. Ya, durian duri hitam memang dikenal mempunyai cita rasa khas manis sedikit pahit yang menjadi kesayangan para penggemar durian. Tidak mengherankan bila jenis durian ini banyak yang memilihnya untuk ditanam secara intensif. Seiring dengan wangi khas durian yang menyengat dan sesuai namanya durian ini dicirikan dengan ujung duri pada kulit luarnya yang berwarna hitam.

Buah ini tergolong pada tanaman buah yang produktif. Semakin banyak bunga yang tumbuh maka semakin banyak juga buah yang dihasilkan. Tanaman buah ini pun dapat hidup di beragam tempat dan tahan terhadap cuaca kering. Dengan perawatan yang baik dan benar telah jelas bahwa membudidayakan tanaman buah durian jenis ini bisa mendatangkan untung yang tidak sedikit.

Durian duri hitam tergolong salah satu jenis tanaman duren unggulan. Kelebihan utama yang dimiliki oleh durian duri hitam yakni waktu berbuahnya yang sangat cepat. Dalam jangka waktu sekitar 1-2 tahun setelah tanam tanaman durian ini telah mulai belajar memproduksi buah. Tetapi tentunya perawatan Anda memiliki pengaruh besar pada tingkat produktivitas tanaman dan kondisi kesehatan.

Anda bisa membudidayakan tanaman durian duri hitam, baik di daerah berdataran rendah ataupun dataran tinggi. Sebelum dilakukan penanaman ada baiknya perlu dibuatkan lubang tanam terlebih dulu yang berukuran 50 x 50 x 60 cm. Lalu pupuk kandang dimasukkan ke dalam lubang itu, kemudian diamkan selama 7-10 hari sampai nutrisi pada pupuk tersebut terserap ke dalam tanah. Selanjutnya barulah bibit tanaman durian ini siap untuk dipindah-tanamkan.

Alangkah baiknya bibit tanaman yang sudah Anda terima janganlah langsung ditanam duluan, melainkan perlu dilakukan upaya untuk mendukung adaptasinya. Bibit disebut telah menyesuaikan diri bila sudah menumbuhkan tunas yang baru. Pada keadaan ini, bibit tanaman durian duri hitam siap untuk ditanami ke dalam lubang penanaman. Waktu yang sangat tepat untuk menanam tanaman durian ialah waktu pagi hari, tepatnya sebelum jam 9 pagi. Tanaman ini dikenal senang dengan sinar matahari jadi sebaiknya diberi tanaman pelindung yang tidak demikian lebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *