Ciri Khas Durian Musangking Yang Wajib Anda Tahu

Ciri Khas Durian Musangking Yang Wajib Anda Tahu

Urbanina.com – Durian merupakan salah satu buah yang sangat disukai banyak orang walaupun sebagian besar jenis durian memiliki aroma yang menyengat dan kulit buahnya dipenuh duri yang bisa membuat luka pada kulit Anda. Walaupun beberapa orang tidak begitu menggemari aroma buah durian lantaran bisa menimbulkan mual, namun tidak berarti pecinta durian berkurang. Justru sebaliknya, saat ini tidak sedikit orang yang menyukai dan memburu durian musangking. Musangking merupakan durian khas dari negeri jiran, Malaysia. Masalah rasa tidak dapat disamakan dengan durian lokal asal Indonesia. Untuk itu ada beberapa ciri khas durian musangking yang wajib Anda tahu agar mengenali perbedaannya dengan jenis varietas durian lainnya.

Durian musangking atau di negari asalnya sering disebut mou san wan (raja kucing) pertama kalinya diketahui pada tahun 1990. Saat itu di daerah Tanah merah, Kelantan (Malaysia) terbetik berita tentang tumbuhan durian yang berbuah dengan sifat istimewa. Lalu pada tahun 1993 Wee Chong Beng mendaftarkan durian itu sebagai jenis unggul dengan sebutan Raja Kunyit sebab warna daging buahnya kuning langsat seperti kunyit dan tanaman itu tumbuh subur di dekat Gua Musang. Musangking merupakan varietas durian ke 197 yang sudah didaftarkan di Kementerian Pertanian Malaysia. Apa saja ciri khas durian musangking yang wajib Anda tahu?

Ciri Khas Durian Musangking Yang Wajib Anda Tahu [ ]

Ciri Khas Durian Musangking Yang Wajib Anda Tahu

Durian musangking memang paling dicari dan diburu mengingat banyaknya pecinta durian jenis ini. Untuk Anda yang ingin menikmati buah durian musangking dianjurkan guna mengenali ciri-ciri dari buah ini supaya tidak salah saat Anda menemui tanaman durian ini atau bahkan saat ingin menyantapnya.

Berikut ini ciri khas durian musangking yang wajib Anda tahu :

  • Warna Kulit. Durian musangking memiliki kulit yang berwarna semu hijau kekuningan. Gradasi warnanya bisa dilihat di antara ujung duri sampai ke dasar kulitnya.
  • Bentuk Duri. Bila sepintas mata sepertinya bentuk duri setiap durian itu nampak tidak berbeda. Akan tetapi faktanya tidak begitu. Durian musangking memiliki duri membentuk piramida dan tempatnya berjauhan antara duri yang satu dengan duri yang lainnya lagi.
  • Bentuk Mahkota. Pada buah durian pertemuan antara bagian tangkai dengan buah biasanya sering disebut dengan mahkota. Mahkota pada durian musangking kelihatan tidak ada durinya dan awal dari duri tersebut mulai tumbuh kelihatan saat duri menjauh dari tangkai buahnya.
  • Setiap tangkai buah durian amat bervariasi, ada yang pendek dan ada pula yang panjang. Tangkai pada durian musangking ternyata berukuran cukup panjang.

Itulah uraian singkat tentang ciri khas durian musangking yang wajib Anda tahu yang bisa dijadikan pedoman. Walaupun seluruh buah durian kelihatan sama tetapi faktanya perbedaan kecil yang nampak dari luar bisa menjadi pedoman mengenali jenis sebuah durian. Begitu juga dengan ciri-ciri bibit durian musangking yang berkualitas unggulan dan biasa saja. Semoga tulisan ini berguna bagi Anda.

semoga bermanfaat ya, nah jika anda ingin menanam durian musangking ini anda bisa klik disini 

jual bibit durian musangking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *