Ciri-ciri Durian Musang King, Kenali Agar Tak Tertipu

Urbanina.com – Saat ini durian musang king masih menjadi pokok pembicaraan di kalangan pecinta durian di Indonesia, malahan barangkali tingkat dunia. Bagaimana tidak?  Durian ini sudah mengalahkan popularitas durian monthong asal  Thailand yang telah puluhan tahun mendominasi ranah durian jagat raya. Tahukah Anda  ciri-ciri durian musang king itu seperti apa?

Dulu memang banyak orang cuma tahu jika durian yang bagus itu pastinya monthong. Namun saat ini durian musang king telah merajai pasar buah-buahan di Indonesia dimana harga per kilonya dapat mencapai 200 ribu per buah. Dengan permintaan pasar yang amat tinggi dan harganya selangit bisa menjadi kesempatan untuk orang-orang yang tak bertanggungjawab memalsukan durian yang nyaris serupa dengan Musang King. Maka dari itu penting kiranya mengetahui ciri-ciri durian musang king supaya tidak tertipu.

Ciri-ciri Durian Musang King

Berikut ini adalah ciri-ciri durian musang king yang patut Anda amati.

  1. Warna kulit

Warna kulit durian amatlah beragam, mulai dari warna kuning-kecoklatan hingga warna hijau-keungu-unguan. Durian musang king mempunyai kulit yang berwarna hijau-kekuningan. Gradasi warnanya terletak diantara ujung duri sampai ke dasar kulit.

  1. Bentuk duri

Bentuk duri pada buah durian sangatlah bermacam-macam, bergantung pada jenis/varietasna. Ada yang jarang durinya, ada yang berdempetan satu dengan lainnya. Ada juga yang bentuknya persegi, berbentuk piramid, bulat, dan durinya runcing seperti jarum. Pada durian musang king durinya berbentuk piramida dan letaknya berjauhan satu dengan yang lainnya.

  1. Garis Pembelah Kulit

Buah durian bisa dibuka melewati garis pembelah kulit. Pada sebagian durian lapisan garis tersebut ada yang nampak jelas. Sementara pada durian yang lainnya garis ini tidak kelihatan. Pada durian musang king garis ini kelihatan jelas sampai pada ujung bawah buah durian yang membentuk pola bintang. Malah sering juga ditemui duri pada durian musang king terlihat menjauh dari garis ini.

  1. Bentuk mahkota.

Pada buah durian, pertemuan antara tangkai dan buah kerap disebut mahkota. Mahkota pada durian musang king nampak tak berduri, dan awal dari duri mulai tumbuh terlihat duri menjauh dari tangkai buah.

  1. Tangkai

Tangkai pada durian musang king cukup panjang, duri yang berbentuk piramida dan cukup berjauhan antara duri-durinya. Garis pemisah yangg nampak jelas pada bawah buah durian musang king mempunyai pola bintang. Ada yang sangat mudah untuk dikenali yaitu dengan daging buah yang warnanya kuning cerah dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis lezat.

Apabila Anda menjumpai buah dengan ciri-ciri durian musang king seperti di atas, maka sudah bisa dipastikan bahwa buah yang Anda maksud tersebut memang adalah buah durian musang king.

Durian musang king termasuk masih baru di Indonesia walau pun sesungguhnya sudah lama ditemukan. Di Negara asalnya durian ini pun disebut dengan Durian Kunyit sebab daging buahnya dengan warna orange.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE