Cara Sukses Memelihara Jambu Madu Deli

Urbanina.com – Selain termasyhur dengan buah duriannya ternyata Sumatera Utara memiliki potensi lainnya dari hasil perkebunannya yaitu jambu madu deli. Barangkali beberapa dari Anda telah familiar mendengar nama buah yang satu ini. Jambu madu deli adalah buah yang cukup populer di masyarakat kita dan menjadi produk buah unggulan. Namun bagaimana cara sukses memelihara jambu madu deli?

Tidak sama dengan buah jambu air kebanyakan, jambu madu deli mempunyai ukuran yang besar sekali. Keunggulan jambu air ini yakni mempunyai rasa yang amat manis seperti manisnya madu  sehingga tidak mengherankan jika jambu ini dijuluki jambu madu. Memelihara jambu madu deli sesungguhnya cukup mudah asalkan Anda bersedia menyisihkan waktu minimal 2 jam setiap harinya untuk mempraktekkan cara sukses memelihara jambu deli di dalam pot.

Cara Sukses Memelihara Jambu Madu Deli

Berikut ini adalah cara sukses memelihara jambu madu deli:

  • Anda mesti betul-betul pintar memilih bibit tanaman jambu madu yang memiliki kualitas baik guna memperoleh buah yang kualitasnya baik juga.
  • Sebaiknya menanam jambu madu deli dengan metode tabulampot (tanaman buah dalam pot) sehingga Anda tidak membutuhkan tanah yang luas (cukup di halaman rumah saja), tanaman yang dihasilkannya lebih pendek, lebih gampang dalam pemeliharaan hariannya dan lebih mempermudah pada waktu pemanenan.
  • Beri jarak antar tanaman jambu kira-kira 2,5 – 3,0 meter supaya pertumbuhan tanamannya tidak mengganggu satu sama lainnya.
  • Penyiraman dilakukan pada waktu pagi hari dan sore hari, tetapi jika cuaca amat panas maka intensitas penyiramannya dapat ditingkatkan menjadi 3 – 4 kali setiap harinya. Penyiraman bisa mempergunakan cara manual, irigasi tetes maupun kran otomatis.
  • Pemberian pupuk bisa dilakukan sekali seminggu berupa campuran pupuk kandang dan pupuk NPK tetapi tidak boleh mengenai batang pangkal. Bila sedang mengeluarkan buah maka intensitas pemberian pupuknya bisa dinaikkan menjadi dua kali seminggu.
  • Penanganan pada hama harus dilakukan dengan memasang kelambu untuk mencegah binatang/serangga perusak atau membungkus buah jambu madu memakai plastik yang sebelumnya sudah dilapisi koran guna menghindari serangan ulat dan serangga perusak buah yang lainnya.
  • Buah jambu madu deli dapat menghasilkan buah sepanjang tahun selama dipelihara dengan tepat dimana setiap kali pemanenan dapat menghasilkan 10 kg – 15 kg per tanaman dengan selama 1,5 – 2 tahun setelah tanam pertama. Tetapi bila Anda mendapatkan bibit tanaman jambu madu dari hasil stek atau pencangkokan, mungkin panen pertamanya lebih cepat. Ciri-ciri buah jambu yang telah siap dipanen ialah yang matang benar di pohonnya dimana warnanya menjadi kehijauan pekat dan sedikit terdapat warna kemerahan di salah satu bagian sisinya.

Demikianlah cara sukses memelihara jambu madu deli. Dari sisi usaha, membudidayakan jambu madu deli benar-benar amat memberikan keuntungan. Hal ini sudah terbukti dari banyaknya permintaan pasar terhadap buah jambu yang mempunyai rasa super manis ini dengan harga per kg-nya berkisar Rp 30.000 – Rp 60.000 (bergantung mutunya).

Mau juga punya jambu madu deli hijau? anda bisa mulai membudidayakannya. Peluang yang cukup menggiurkan. Jika anda membutuhkan bibitnya ada bisa klik pada foto dibawah ini :

jual bibit jambu madu deli hijau

Syarat Tumbuh Optimal  jambu madu deli  hijau: dataran rendah / suhu panas 30-35c
Waktu Kebutuhan Sinar Matahari jambu madu deli  hijau : sepanjang hari
Cara Konsumsi Buah jambu madu deli  hijau : dapat dimakan langsung
Ukuran Minimal Pot jambu madu deli  hijau: diameter lebih dari 60cm
Media Tanam jambu madu deli  hijau : tanah dan memiliki humus
Penyiramanjambu madu deli  hijau: 1 kali sehari
Ukuran Tanaman jambu madu deli  hijau Saat Ini : 80-100 cm
Tinggi Tanaman jambu madu deli  hijau Selanjutnya : tinggi +- 3 meter dengan batang dan akar kecil
Pemupukan jambu madu deli  hijau : NPK daun + kompos (usia 1 tahun ke bawah), atau NPK buah + kompos (usia 1 tahun ke atas). Interval sebulan sekali.

Untuk fast response anda bisa kontak 082227639118

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *