Cara Pemupukan Durian Musangking Yang Baik Dan Benar

Cara Pemupukan Durian Musangking Yang Baik Dan Benar

Urbanina.com – Anda pasti memerlukan pengetahuan, kedisiplinan, pengalaman, dan keterampilan untuk menanam sesuatu. Khususnya untuk pemula minimal Anda harus mempunyai keinginan kuat buat belajar hingga seluruh ilmu yang diajarkan dapat dipahami, diserap dan diterapkan di lapangan dengan tepat. Bila tanaman durian musangking tidak dipelihara dengan baik dan tidak dipupuk dengan pupuk yang pas akibatnya tanaman akan mengalami layu sebelum berkembang, mati dan harapan untuk menghasilkan buah juga hilang. Seperti apakah cara pemupukan durian musangking yang baik dan benar agar hasilnya optimal?

Durian terdiri dari beberapa jenis dan salah satu diantaranya ialah durian musangking. Disamping warna daging buahnya yang kuning menggoda, rasa buahnya pun manis dan teksturnya amat lembut di lidah membuat penggemar durian selalu ketagihan dibuatnya. Oleh karena itu banyak orang yang ingin menanamnya sendiri, baik di halaman rumah atau kebun. Nah, supaya tanaman buah durian dapat tumbuh dengan baik, pilih bibit yang berkualitas tinggi dan gunakanlah pupuk tanaman buah durian musangking. Akan tetapi bagaimana cara pemupukan durian musangking yang baik dan benar?

Cara Pemupukan Durian Musangking Yang Baik Dan Benar

Ketika bercocok tanam bibit tanaman buah durian musangking maka Anda mesti siap sedia untuk perang dengan hama dan penyakit tanaman yang sering menyerang tanaman durian musangking. Yang terpenting, janganlah lupa untuk melakukan pemupukan dengan memberi pupuk tanaman buah durian musangking pada bibit tanaman buah durian tersebut sehingga bibit bisa tumbuh dengan optimal dan hasil panennya juga memuaskan.

Berikut ini cara pemupukan durian musangking yang baik dan benar agar hasilnya maksimal pada waktu sebelum berbuah dan sedang berbuah:

Pemupukan Sebelum Berbuah

Pupuk NPK

Pemupukan menggunakan NPK dilakukan setiap bulan 2 kali sepanjang tahun dengan proporsi 15:15:15 dengan takaran seperti di bawah ini:

  • Untuk tanaman yang berusia 1 tahun dengan pupuk NPK dosisnya 40-80 gr/pohon/tahun.
  • Untuk tanaman yang berumur 2 tahun dengan pupuk NPK dosisnya 150-300 gr/pohon/tahun.
  • Untuk tanaman berumur 3-4 tahun dengan pupuk NPK dosisnya 400-600 gr/pohon/tahun.

Pupuk Organik/kompos/kandang

Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos/pupuk kandang dilakukan setahun sekali pada akhir musim penghujan dengan dosis 15-20 kg/pohon.

Pemupukan Ketika Pohon Berbuah

Ketika tanaman durian musangking telah memperlihatkan buahnya, tidak lantas tanaman tidak memerlukan pupuk lagi, bahkan tanaman mesti disuplai dengan pupuk yang bagus pada dosis yang tepat, seperti berikut ini:

  • Sesudah pemangkasan usai dilakukan, berikanlah pupuk KCl sebanyak 530 gr, SP-36 sebanyak 890 gr, pupuk urea 670 gr dan pupuk organik sebanyak 40-60 kg.
  • Pada waktu pucuk mulai menua sebaiknya Anda memberikan pupuk KCl sebanyak 265 gr, SP-36 sebanyak 445 gr dan pupuk urea sebanyak 335 gr.
  • Sesudah 2 bulan dilakukan pemupukan yang kedua sebaiknya berikan pupuk KCl sebanyak 100 gr, SP-36 sebanyak 650 gr dan pupuk urea sebanyak 180 gr.
  • Ketika telah keluar bunga lebih baik diberikan pupuk KCl sebanyak 100 gr, SP-36 sebanyak 225 gr dan urea sebanyk 45 gr.
  • Setelah itu pada waktu 1 bulan sebelum panen tiba sebaiknya diberikan pupuk KCl sebanyak 150 gr, SP-36 sebanyak 650 gr dan urea sebanyak 180 gr.

Demikian tadi cara pemupukan durian musangking yang baik dan benar agar hasil panennya maksimal. jika anda membutuhkan bibit durian musangking maka anda bisa klik pada foto dibawha ini :

jual bibit durian musangking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *