Cara Nanam Daun Mint Dari Tangkai Batang

Cara Nanam Daun Mint Dari Tangkai Batang

Urabanina.com – Daun mint atau disebut juga Mentha cordifolia dalam bahasa ilmiahnya merupakan tanaman yang menghasilkan menthol atau rasa mint yang biasanya terdapat pada obat batuk dan permen. Menthol pun kerap dimanfaatkan dalam industri obat kumur, sedangkan untuk di rumah, mint bisa dipakai untuk memberikan perasa pada minuman dan makanan. Tidak ada ruginya jika Anda menanam daun mint di rumah Anda sebab banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Namun cara nanam daun mint dari tangkai batang itu seperti apa?

Setiap jenis mint mudah sekali untuk dipelihara atau ditanam. Tanaman ini bisa bertahan selama beberapa tahun jikaa Anda memeliharanya dengan tepat. Mengetahui alangkah pentingnya daun mint untuk kecantikan dan kesehatan kita, tidak sedikit orang yang ujung-ujungnya menanam mint di dalam pot. Lalu, tahukah Anda cara nanam daun mint dari tangkai batang?

Cara Nanam Daun Mint Dari Tangkai Batang [ ]

Menanam daun mint mesti dengan persiapan agar tanaman dapat tumbuh subur. Adapun cara nanam daun mint dari tangkai batang adalah sebagai berikut :

  • Anda dapat meminta potongan mint (ke teman/saudara atau membeli langsung di perkebunan) yang asalnya dari tanaman dewasa. Potonglah dengan gunting tajam kira-kira 1cm tepat di atas percabangan batang.
  • Walaupun tak ada jaminan bila tangkai batang daun mint yang ditanam akan tumbuh secara baik, tetapi jika Anda mempunyai sisa tanaman mint yang tidak terpakai lagi sebaiknya pergunakan saja untuk percobaan menanam mint.
  • Tangkai diletakkan di dalam gelas untuk menstimulir tumbuhnya akar baru. Anda dapat menaruh gelas itu di tempat yang hangat (mendapatkan sinar matahari). Tunggu saja hingga akar barunya timbut dari batang tangkainya.
  • Akar daun mint bisa tumbuh merambat sampi ke dasar pot. Anda mesti menunggu sampai panjang akar putih dari tangkai daun mint melebihi beberapa centimeter lalu baru
  • Jika media yang Anda miliki itu pot, maka sediakanlah beberapa pot yang masih relatif baik untuk secepatnya mulai menanam mint dengan cara nanam daun mint dari tangkai batang.
  • Selanjutnya campurkan tanah pot dengan kompos banyak mengandung nutrisi lantaran mint membutuhkan tanah yang subur guna bisa tumbuh dengan baik.
  • Isilah sepertiga ember dengan campuran berisi tanah pot dan pupuk kompos. Kemudian tanamlah tangkai dan tunas mint ke dalam pot. Anda dapat memangkas akarnya jika dirasakan terlampau panjang ketika dimasukkan ke dalam pot.
  • Lubang ditutup menggunakan tanah atau hingga tanaman mint dapat berdiri secara baik.
  • Jika Anda ingin menanam daun mint di kebun, tetapi tidak ingin hingga akar mint mrambat kemana-mana, jadi tanam saja pot ke dalam tanah hingga cuma tertinggal kira-kira 5 cm saja bagian atas dari pot yang diizinkan untuk tampak di permukaan tanah.
  • Paling akhir, beberapa paku kayu ditancapkan yang berguna untuk menolong proses pertumbuhan tanaman. Tetapi Anda bisa mencabut paku tersebut saat tanaman sudah tumbuh dewasa.

Mudah-mudahan cara nanam daun mint dari tangkai batang di atas dapat menambah pengetahuan lebih banyak mengenai bertanam tanaman daun mint. Oya, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com karena di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *