Cara Mudah Menanam Durian Cepat Berbuah

Cara Mudah Menanam Durian Cepat Berbuah

Urbanina.com – Siapa sih yang tidak kenal sama buah dengan kulit berduri keras ini? Rasanya yang lezat dengan aroma yang menyengat sanggup membikin orang yang menyantapnya ketagihan. Disamping rasanya yang gurih buah durian harganya relatif mahal. Waktu musim duren tiba tidak sedikit orang yang keluar daerah cuma sekedar berburu buah ini. Seolah-olah buah berduri ini sudah menjadi favorit di kalangan penikmat buah-buahan sehingga mereka ingin mengetahui juga cara mudah menanam durian cepat berbuah untuk tujuan tertentu.

Buah yang sering disebut duren ini tergolong buah yang cukup sulit ditanam. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk Anda yang ingin menanamnya di rumah bisa berhasil mencicipi duren di pekarangan rumah Anda karena para ahli dan pembudidaya duren selalu mencari inovasi-inovasi baru. Duren baru bisa memproduksi buah saat berumur 4,5-5 tahun. Tetapi saat ini telah banyak buah duren dari bibit unggul yang dapat mengeluarkan buah lebih singkat. Adakah cara mudah menanam durian cepat berbuah?

Cara Mudah Menanam Durian Cepat Berbuah

Terdapat sejumlah faktor yang dapat mengganngu buah duren dalam memproduksi buah. Dengan cara mudah menanam durian cepat berbuah ini hal itu bisa diatasi.

Buah durian kekurangan sinar matahari

Buah ini membutuhkan pancaran penuh sinar matahari kira-kira 10-12 jam sehari. Bila tanaman ini mendapatkan sinar matahari kurang dari lama yang diperlukan maka tanaman akan terhambat pertumbuhannya. Tanaman duren bisa tumbuh optimal pada ketinggian 0-700 meter dpl.

Jenis tanah

Jenis tanah yang sangat cocok untuk pohon yang disebut juga kadu dalam bahasa Sunda ini ialah tanah berjenis ondossol dan gromosol yang mempunyai daya ikatan air tinggi karena komposisi tanahnya berbutir-butir dan pada bagian bawah tanahnya menggumpal. Tanah dengan pH (tingkat keasaman) 5 – 7,5.

Persediaan air tanah

Durian adalah tanaman yang mempunyai akar tunggang yang dapat tumbuh sampai kedalaman 3 meter. Akar tersebut akan terus tumbuh mencari air makanya pilihlah lahan yang mempunyai persediaan air tanah pada kedalaman sekitar 0,5 – 3 meter.

Umur berbuah berdasarkan bibit

Tanaman durian dari hasil perbanyakan dengan biji mulai mengeluarkan buah saat berumur 10 – 12 tahun. Sementara itu yang dari hasil okulasi mulai bisa berbuah saat berumur 7 – 8 tahun. Akan tetapi untuk bibit tanaman durian unggul mampu memproduksi buah saat berumur 4,5 – 5 tahun jika tanaman mendapatkan perawatan yang baik.

Pengairan

Tanaman biasanya akan mengeluarkan bunga pada waktu akhir musim kering/kemarau tetapi kemudian pada awal musim hujan tanaman kembali akan menghasilkan buah. Pada waktu tanaman mulai mengeluarkan buah dianjurkan untuk melakukan penyiraman dengan frekuensi 3-4 kali dalam 1 minggu. Bila tanaman kekurangan air akan membuat buah atau bakal buah akan gugur/rontok.

Pentingnya unsur hara mikro

Tidak cuma durian, banyak tanaman yang jika kurang memperoleh suplai unsur hara mikro akan kesulitan memproduksi buah. Tanaman ini amat memerlukan Zn, Mg, dan Fe supaya pertumbuhannya bisa optimal.

Demikian tadi ulasan mengenai cara mudah menanam durian cepat berbuah dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *