Cara Merawat Tabulampot Alpukat Dengan Mudah

Urbanina.com - Setelah berhasil menanam tabulampot alpukat di halaman rumah, Anda juga perlu merawatnya agar tanaman yang tumbuh didalam pot tersebut terjaga kesehatannya. Perawatan yang perlu diberikan terhadap tabulampot alpukat tersebut sebenarnya juga dapat dilakukan dengan mudah sehingga tidak akan mengganggu aktivitas harian Anda. Berikut ini akan kami tulis tentang cara merawat tabulampot alpukat dengan mudah yang dapat dilakukan di waktu luang sekaligus bisa menjadi hobi tersendiri. Cara yang kami bagikan adalah cara merawat tabulampot alpukat dengan mudah sehingga cara yang akan kami bagikan nanti dapat dilakukan dengan mudah pula oleh Anda. cara merawat tabulampot alpukat dengan mudah Tanpa basa-basi, berikut ini kami berikan cara merawat tabulampot alpukat dengan mudah sehingga tidak menggannggu aktivitas atau rutinitas harian.
  1. Menyiram
Apakah menyiran adalah pekerjaan yang sulit? tentu tidak. Namun karena saking mudahnya, terkadang orang-orang melupakan perawatan tabulampot alpukat yang satu ini, sehingga lama-kelamaan tabulampot alpukat miliknya akan mati. Oleh karena itu, penting bagi siapa saja yang memiliki tabulampot alpukat untuk menyiramnya setiap hari. Terutama di musim kemarau, tanaman alpukat membutuhkan penyiraman yang cukup agar kebutuhan air juga tercukupi. Agar proses menyiram ini tidak mengganggu aktivitas harian, Anda dapat meluangkan waktu sekitar 10 menit di pagi hari setelah sarapan untuk menyiram tabulampot alpukat milik Anda. Dengan pemyiraman yang dilakukan secara teratur, maka tanaman alpukat akan lebih mudah mendapatkan air sehingga akan tumbuh dengan lebih baik dan sehat.
  1. Memupuk
Memupuk tanaman alpukat yang ditanam didalam pot juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat meluangkan waktu anda di akhir pekan untuk melakukan pemupukan ini. Paling cepat, tabulampot alpukat membutuhkan penggantian atau pemberian pupuk setiap dua pekan sekali. Bila tidak sempat memberi pupuk setiap dua pekan, Anda juga dapat memberi pupuk terhadap tanaman setian satu bulan sekali. Perlu diketahui bahwa tanaman alpukat yang Anda tanam didalam pot membutuhkan pupuk yang lebih banyak daripada yang ditanam di tanah langsung. Oleh karena itu, kebutuhkan pupuk harus terus Anda pantau dan dicukupi segera apabila dibutuhkan. Seperti yang disebutkan diatas, akhir pekan adalah waktu yang dirasa tepat karena hari libur dan fokus pikiran terhadap pekerjaan juga berkurang sehingga pikiran tetap terjaga segar dan tidak terlalu terbebani.
  1. Pemangkasan
Langkah perawatan yang ketiga adala pemangkasan. Perawatan semacam ini diperlukan apabila tanaman alpukat memang membutuhkan pemangakasan. Pemangkasan dilakukan terhadap ranting yang tidak sehat ataupun terhadapap bunga yang redup. Anda dapat memotongnya menggunakan gunting tanaman atau dengan gergaji atau alat lainnya. Dengan dipotong atau dipangkasnya bagian yang tidak sehat tersebut, diharapkan ranting atau bunga yang sehat dapat tumbuh kembali. Dengan demikian, tabulampot alpukat dapat tumbuh dan memiliki ranting maupun bunga yang indah dan banyak. Demikian adalah ketiga cara merawat tabulampot alpukat dengan mudah yang dapat kami tulis. Ingat, meskipun cara-cara diatas dapat dilakukan dengan mudah, tetapi tidak dapat Anda remehkan. Apabila ketiga perawatan diatas sampai terlewatkan, maka tabulampot alpukat akan terancam kehidupannya dan dapat mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *