Cara Merangsang Buah Mangga Dalam Pot

Cara Merangsang Buah Mangga Dalam Pot

Urbanina.com – Mangga yang dalam bahasa ilmiah disebut Mangifera indica merupakan tanaman yang tergolong kedalam keluarga Mangifera serta suku Anacardiaceae. Buah mangga tergolong ke dalam golongan buah batu yang memiliki daging dengan bentuk dan ukuran yang berlainan, tergantung pada varietasnya. Saat ini tidak sedikit orang yang menanam mangga, walau tidak mempunyai lahan luas Anda tetap dapat menanam mangga secara praktis dengan mempergunakan pot. Namun bagaimana cara merangsang buah mangga dalam pot agar cepat berbuah dan lebat?

Buah mangga memiliki panjang sekitar 2,5-30 cm. Kulit buahnya sedikit tebal dengan bintik yang memiliki warna hijau, kekuningan maupun kemerahan ketika matang. Daging buah bila matang warnanya krem, kuning atau merah jingga, memiliki serabut atau tidak berserabut, manis hingga masam mengandung banyak atau sedikit air. Ada sebagian orang yang menggunakan cara merangsang buah dalam pot sehingga tanaman mangga yang dipeliharanya cepat berbuah dan lebat.

cara merangsang buah mangga dalam pot

Anda ingin mengetahui cara merangsang buah mangga dalam pot? Di bawah ini akan kami paparkan cara merangsang buah mangga dalam pot.

  1. Pemangkasan daun (Pruning) memiliki tujuan supaya daun yang terlampau lebat dapat dikurangi sebab daun dan ranting yang terlampau lebat bisa menghalangi sinar matahari yang merupakan sumber energi bagi tanaman serta memiliki tujuan supaya seluruh nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman bisa terpusat pada jalannya pembuahan. Pemangkasan dilakukan pada daun dan ranting. Pangkaslah seluruh daun hingga tertinggal sedikit.
  1. Tidak boleh melakukan penyiraman tanaman hingga sampai layu selamanya, namun kemudian secara tiba-tiba menambah air hingga akar tergenang sampai pangkal dalam jangka waktu khusus.
  1. Mengerat yakni mengelupaskan kulit tanaman pada batang tanaman dengan bentuk lingkaran. Fungsi pengeratan ialah menghalangi jalannya pengangkutan sumber makanan supaya kelak akan menyebabkan penumpukan makanan pada tanaman mangga. Proses fotosintesis ini diharapkan akan memacu pertumbuhan bungga.
  1. Melukai kulit tanaman mangga, hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemakuan pada kulit tanaman, sekitar 3-5 cm dari permukaan tanah.
  1. Mengikat batang tanaman dengan mempergunakan kawat sampai fotosintesis pembuluh floam bisa terhambat. Pengaruhnya pada percabangan tanaman bisa merangsang pertumbuhan bunga.

Cara merangsang buah mangga dalam pot tersebut di atas alangkah baiknya jangan digunakan sekaligus, cukup memilih salah satu yang dianggap paling jitu. Namun Urbanina anjurkan untuk menggunakan cara yang pertama sebab lebih efisien..

Disamping pemakaian cara tersebut di atas, ada pula cara merangsang buah mangga dalam pot dengan menggunakan cara lainnya yang sistem kerjanya mempergunakan beberapa bahan khusus seperti penggunaan pupuk ZPT. Pupuk ini memiliki fungsi sebagai perangsang bunga dan buah serta bisa menghindari bunga layu. Ada pun pupuk-pupuk yang dianjurkan dalam penanganan tertentu tersebut supaya bunga dapat tumbuh lebat di luar musim diantaranya yakni Gibberelin, Potasium Klorat (KClO3), Auxin, NAA dan Paklobutrazol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *