Cara Menghilangkan Belatung Dari Luka Ternak

Urbanina.com – Belatung secara umum dalam bahasa Inggris disebut maggot. Belatung sebenarnya adalah larva atau bakal lalat. Lalat akan memiliki bentuk serupa larva atau belatung sebelum ia dapat terbang dan mempunyai sayap. Belatung tentunya diawali dari sebuah perkawinan diantara lalat betina dan jantan. Ketika menetas lalu lalat betina akan menaruh larva atau bayi-bayi lalat di berbagai tempat yang dianggap baik yakni berbagai tempat jorok dan kotor yang dinilai bisa memberikan pasokan makanan untuk ┬álarva atau bayi lalat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan belatung dari luka?

Tidak jarang ternak yang kita pelihara mengalami luka secara tidak sengaja, seperti luka di celah-celah kuku sapi, luka di paha kambing atau bagian yang lainnya. Luka ini kadang-kadang akan menjadi tempat tinggal dan berkembangbiaknya belatung karena lalat akan singgah pada setiap luka ternak. Belatung-belatung ini amat mengganggu kesehatan ternak dan dapat menambah parah luka yang ada. Untuk itulah diperlukan penanganan yang efektif cara menghilangkan belatung ini, baik belatung yang terdapat pada kuda, kambing, dan sapi.

Cara Menghilangkan Belatung Dari Luka Ternak []

Ada bahan-bahan alami yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan belatung seperti tawas. kapur barus atau minyak tanah. Berikut cara menghilangkan belatung dari luka, diantaranya:

  • Menggunakan pinset, dengan mencabuti secara langsung belatung dari luka. Ini merupakan cara paling baik dan mencegah terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia lainnya, tetapi bila pinset tidak steril malah dapat menambah parah luka sehingga menjadi infeksi yang akut.
  • Menggunakan minyak tanah/bensi, minyak tanah atau bensin disiramkan ke dalam luka, usahakanlah siraman itu tidak kena bulu ternak karena kulit itu dapat mengalami botak permanen. Jadi menggunakan alat suntik (speet) merupakan cara aman memakai minyak ini untuk menghilangkan belatung.
  • Menggunakan tawas, tawas amat efektif menghilangkan belatung dari ternak dengan cara menaburkan tepung tawas (tawas yang sudah digiling) di atas luka yang mengandung belatung pada ternak tersebut.

Selain mengetahui cara menghilangkan belatung maka ada baiknya Anda juga mengetahui caranya mencegah belatung tersebut hinggap pada ternak-ternak yang sedang terluka, berikut ini caranya :

  • Semprotlah kandang dengan menggunakan anti serangga supaya tidak ada lalat yang berkeliaran di sekitaran kandang. Luka ternak mengandung belatung ini lantaran adanya lalat yang menempelkan telur mereka di atas luka pada ternak kuda, domba, kambing dan sapi.
  • Semprotkan juga anti lalat pada tubuh ternak, umumnya cairan ini memiliki warna biru atau merah dan di beberapa pasar ternak kerap digunakan. Cairan pengusir lalat ini dapat dibeli di toko pakan ternak (poultry shoop).

Umumnya luka yang disinggahi belatung akan mengandung nanah. Jadi disamping penanganan di atas untuk mencegah terjadinya infeksi sebaiknya minta bantuan petugas kesehatan hewan guna menyuntik ternak Anda dengan antibiotik. Anti biotik pada ruminansia jangan diberikan secara dikonsmsi karena ternak ruminansia memerlukan bakteri untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam lambungnya. Antibiotik untuk ruminansia cuma boleh diberikan dengan cara injeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE