Cara Mudah Mengenali Bibit Ikan Lele Yang Baik

Cara Mudah Mengenali Bibit Ikan Lele Yang Baik

Urbanina.com – Budidaya ikan lele sudah sangat populer di Indonesia. Satu hal yang menarik dari budidaya ikan yang satu ini adalah perawatan yang tidak terlalu sulit, tetapi dapat menghasilkan panen yang dapat menguntungkan pembudidaya. Juga terdapat banyak pilihan jumlah ikan yang dibudidaya, dari skala paling kecil hingga yang terbesar. Sehingga, bagi mereka yang masih pemula dapat menjadikan usaha perikanan ini menjadi salah satu pilihan dalam memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Budget yang tersedia dapat disesuaikan dengan banyak pilihan dalam budidaya ikan lele ini. Namun, satu hal yang tidak boleh dipilih-pilih adalah tentang pemilihan bibit ikan lele yang baik. bagaimanapun juga bibit ikan lele yang baik merupakan tumpuan awal agar dapat tumbuh dengan baik sehingga diakhir nanti juga akan didapatkan potensi keberhasilan usaha yang lebih besar.

bibit ikan lele yang baik

Orang yang ingin membudidayakan ikan lele dapat memilih bibit ikan lele yang baik dengan memiliki pedoman dengan mengenali ciri-ciri dari bibit ikan lele yang baik tersebut. Bibit ikan lele ini dapat dibeli di supplier yang sudah terpercaya kualitas bibitnya. Dan berikut in adalah empat ciri-ciri bibit ikan lele yang baik yang dpat dijadikan pedoman ketika hendak membeli bibit ikan lele.

  1. Bibit lele mampu bergerak lincah

Bibit ikan lele yang sehat adalah bibit yang mampu bergerak lincah. Cara mengetesnya, masukkan jari atau benda lain ke kolam lalu lihat pergerakan dari ikan tersebut. bibit yang sehat tentu akan bergerak lincah seabagai respon karena ada benda asing yang masuk ke kolam. Namun, jika bibit tidak merespon dengan baik dan gerakannya maju mundur saja dan tidak lincah, maka bibit tersebut sebaiknya tidak usah dibeli.

  1. Memiliki badan yang mulus dan sewarna

Ciri-ciri yang kedua adalah bahwa bibit ikan lele memiliki permukaan badan yang mulus serta hanya satu warna saja. Bibit ikan lele bisa disebut dengan kata lain adalah bayi ikan lele. Yang mana masih memiliki sifat bawaan yang belum terpengaruhi oleh dunia luar. Begitu juga dengan bibit ikan lele ini,sepatutnya bibit yang baik adalah yang belum memiliki cacat di permukaan tubuhnya. Jika sampai ada bibit yang permukaannya lecet, resiko kematian ketika dibudidaya akan lebih besar. Selain itu, warna yang dimiliki permukaan badan bibit juga masih satu warna, biasanya berwarna coklat tua atau hitam kemerahan.

  1. Bibit lele lincah dalam bergerak melawan arus

Bibit lele yang sehat seharusnya memiliki kelincahan dalam bergerak melawan arus air kolam. Nah, untuk mengeceknya, dapat dilakukan dengan memiringkan wadah secara perlahan, kemudian perhatikan pergerakan bibit. Jika sebagian besar bibit bergerak melawaan arus, maka bisa dianggap baik. namun, jika sebagian besar bibit bergerak terbawa arus air, maka sebaiknya bibit yang semacam ini tidak dibeli saja.

  1. Memiliki bagian tubuh yang lengkap

Ciri-ciri yang keempat yang dapat diperhatikan dari bibit lele yang baik adalah kelengkapan bagian tubuh bibit lele tersebut. Bagian tubuh lele yang seharusnya ada pada tubuh bibit lele diantaranya dua pasang sirip bawah, sirip punggung sepanjang badan, dan juga empat pasang sungut. Bila kesemua bagian tubuh tersebut diatas ada, maka bibit tersebut dapat dipastikan memilki kualitas yang baik.

Demikian keempat ciri-ciri bibit lele berkualitas yang dapat menjadi acuan ketika membeli bibit ikan lele. Maka dari itu, ketelitian ketika membeli bibit lele sangat diperlukan agar mendapat bibit lele yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *