Cara Mengatasi Bunga Rontok Pada Durian

Urbanina.com – Musim berbunga dan berbuah sebuah tanaman merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh para penanam sebab dambaan terbesar penanam ialah memanen buah dari tanaman yang telah dipelihara dengan baik dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Akan tetapi, harapan ini kadang-kadang tidak menjadi kenyataan lantaran bunga rontok dan berguguran sebelum sempurna berkembang menjadi calon buah. Andaikan berubah calon buah yang terbentuk cuma sedikit sekali jumlahnya. Bagaimana cara mengatasi bunga rontok pada durian?

Cara mengatasi bunga rontok pada durian sangat penting diketahui oleh setiap orang yang ingin menanam buah berduri ini. Namun selain mengetahui cara mengatasi bunga rontok pada durian sebaiknya Anda pun mengetahui penyebab bunga rontok pada durian.

Cara Mengatasi Bunga Rontok Pada Durian []

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi bunga rontok pada durian diantaranya:

Kekurangan Air

Mineral dan air merupakan makanan tanaman durian. Pada  masa berbunga cabang pohon durian mulai menyimpan karbohidrat hasil fotosintesis dibantu hormon khusus. Akhirnya keluar tandan bunga pada sepanjang cabang itu.

Selama air tanah masih cukup, pertumbuhan putik bunga akan berjalan normal sampai waktu bunga mekar. Umumnya hal ini terjadi kira-kira 6-8 minggu. Kondisi akan menjadi gawat bila air tanah menyusut atau habis, sedangkan tanaman durian telah mulai membentuk bunga.

Kekurangan air ini yang menyebabkan bunga dan buah mudah rontok. Cara mengatasinya sudah pasti dengan melakukan penyiraman atau mengairi tanaman durian itu pada waktu  pembentukan bunga di musim kemarau.

Kekurangan Mineral Kalium

Bila mendekati masa berbunga ternyata durian kekurangan mineral, maka penyusunan bunga tidak sempurna. Kekurangan mineral kalium membuat daya tahan tanaman berkurang sehingga tidak dapat melawan lingkungan yang tidak mendukungnya, misalnya kekeringan. Untuk mengatasinya tanaman durian alangkah baiknya diberi pupuk kira-kira 2 bulan mendekati  berbuah.

Gagalnya Penyerbukan

Bunga durian biasanya menjalankan penyerbukan silang. Putik bunga dari satu tanaman mesti diserbuki oleh tepung sari dari tanaman lainnya supaya bisa berbuah. Diperkirakan cuma 5% saja bunga durian yang bisa menyerbuki sendiri. Penyerbukan dan pembuahan durian cuma bisa berlangsung pada waktu bunga mekar sempurna dari pukul 5 sore sampai pukul 3 dini hari selanjutnya. Bunga yang tidak diserbuki dalam waktu itu akan rontok di pagi harinya.

Lantaran pemekaran bunga penuh itu terjadi malam hari, maka fungsi serangga malam sangat penting dalam penyerbukan. Cara mengatasinya sudah pasti dengan cara menanam durian lebih dari satu tanaman bersamaan.

Umur dan Diameter Cabang

Semakin besar cabang/dahan, maka semakin besar juga kemampuannya menyimpan makanan yang dibutuhkan untuk menghasilkan bunga dan memperbesar buah. Bunga dan buah yang keluar dari cabang atau dahan seperti inilah yang bisa selamat hingga panen kelak. Umumnya, cabang/dahan itu paling tidak telah memiliki diameter 2 cm dan umur minimal dua tahun.

Terkadang pula ditemui tanaman durian yang berusia kurang dari 2 tahun bisa berbunga, malahan berbuah pula, tetapi sering rontok. Bila tidak rontok cabang/dahannya maka akan menderita. Ia masih lemah untuk menahan bobot durian yang berat. Cara menanganinya bisa dipergunakan penyangga berbentuk tongkat bambu atau semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *