Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik NFT

Urbanina.com – Metode hidroponik saat ini makin dikenal dan digemari masyarakat. Selain mudah diaplikasikan, metode hidroponik juga memungkinkan pembudidaya untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dilahan yang sempit. Ada banyak metode hidroponik yang bisa digunakan untuk menanam, diantaranya metode NFT atau Nutrient Film Technique yang menggunakan perangkat tertentu. Salah satu jenis tanaman sayuran yang menghasilkan buah dan bisa ditanam dengan menggunakan metode hidroponik NFT adalah tomat. Tanaman tomat layak dibudidayakan dengan teknik ini karena selain cepat berbuah, tanaman tomat yang dihasilkan akan lebih sehat dan bebas dari hama terutama hama yang berasal dari tanah. Jika Anda sudah mengenal betul bagaimana sistem hidroponik bekerja, Anda bisa meningkatkan keahlian berkebun Anda dengan mencoba menanam tomat secara hidroponik NFT. Berikut ini dijelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam menanam tomat hidroponik NFT beserta langkah-langkahnya.

menanam tomat secara hidroponik NFT

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Menanam tomat secara hidroponik NFT memerlukan alat dan bahan berikut ini :

  • Perangkat hidroponik NFT yang dimodifikasi untuk menanam tomat. Perangkat NFT yang akan digunakan terdiri dari pipa PVC atau paralon yang dilubangi sesuai dengan ukuran pot atau wadah media tanam yang digunakan, dudukan yang akan menahan pipa yang terbuat dari besi atau kayu, pompa air yang dihubungkan dengan saluran pipa PVC wadah tanam serta pipa kecil yang menghubungkan pompa dengan tandon yang menampung nutrisi. Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan perangkat tanam ini sehingga Anda tidak perlu membuatnya sendiri.
  • Tandon atau bak yang akan digunakan untuk menampung larutan nutrisi. Tandon dihubungkan pada pipa PVC dengan pipa kecil atau perangkat lainnya dalam sistem hidroponik NFT.
  • Benih tanaman tomat dari varietas yang Anda sukai. PIlihlah benih yang berkualitas baik dan masih dalam kemasan yang utuh.
  • Wadah media tanam berupa pot kecil yang dilubangi bagian bawahnya dan bisa masuk dalam pipa PVC yang telah dilubangi sebelumnya.
  • Media tanam berupa arang sekam atau media hidroponik lainnya. Media yang dipilih sebaiknya bisa dilalui air dengan mudah serta tidak menyebabkan penyumbatan nutrisi dalam pot atau wadah tanam.
  • Nutrisi khusus hidroponik seperti nutrisi AB Mix yang banyak tersedia ditoko pertanian terdekat atau toko yang menyediakan bahan atau alat-alat hidroponik.
  • Wadah atau tray semai yang diisi media tanam arang sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.

Proses Menanam Tomat Secara Hidroponik NFT

Setelah perangkat dan bahan lain telah disiapkan, maka penanaman dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Sebelum menanam tomat dalam perangkat hidroponik NFT, rendam benih tomat dalam air hangat semalaman dan jangan gunakan benih yang mengapung. Semai benih tomat yang telah direndam semalaman pada wadah atau tray semai yang telah diisi dengan campuran media tanam sekam dan pupuk kompos yang dibasahi. Sebarkan benih pada wadah tersebut dengan jarak 3 cm kemudian tutup wadah semai dengan plastik gelap. Simpan wadah benih tersebut dalam ruangan bersuhu sekitar 17 – 26 derajat celcius  hingga benih berkecambah. Setelah tunas atau bibit tomat tumbuh, tutup plastik bisa dibuka dan sirami benih setiap hari hingga tanaman memiliki empat buah daun atau sekitar tiga hingga empat minggu.
  2. Setelah tanaman memiliki empat buah daun, bibit tanaman tomat dapat dipindahkan pada media tanam yang telah terpasang pada perangkat hidroponik NFT. Cuci akar tanaman dengan cara digoyang-goyangkan dalam baskom berisi air dan masukkan pada wadah media tanam yang diisi sekam dengan kedalaman sekitar 3 – 5 cm.
  3. Alirkan nutrisi pada tanaman selama minimal 8 jam sehari. Nutrisi bisa dialirkan dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Jika tanaman terserang penyakit atau hama dapat diatasi dengan menyingkirkan bagian tanaman yang mati tersebut atau menyemprotnya dengan pestisida organik. Tingkatkan konsentrasi larutan secara bertahap setiap dua minggu sekali terutama saat tanaman mulai tumbuh, berbunga dan berbuah dari 1200 ppm, 1500 hingga 1700 ppm.
  4. Tanaman tomat yang dirawat dengan baik dapat dipanen setelah usia 3 – 4 bulan dan pemanenan bisa dilakukan kapan saja saat buah tomat telah masak.

Demikian cara mudah menanam tomat secara hidroponik NFT. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE