Cara Menanam Tomat Cherry Secara Aquaponik

Urbanina.com – Mungkin sebagian dari kita berpikir tidak mungkin menanam sayuran bisa dilakukan diatas kolam ikan. Faktanya, dengan menggunakan sistem aquaponik, berbagai jenis tanaman dapat dibudidayakan secara efektif dan efisien. Memanfaatkan kolam ikan budidaya untuk menumbuhkan tanaman memang dikenal dengan istilah aquaponik. Sistem aquaponik telah lama dikenal sejak zaman dinasti Cina kuno. Pada sistem aquaponik, sisa makanan dan kotoran ikan dapat dibersihkan dengan mengalirkan air pada tanaman yang dletakkan diatas kolam dan secara tidak langsung, tanaman juga mendapatkan nutrisi dari air kolam tersebut. Salah satu jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan metode aquaponik adalah tomat cherry. Tomat yang berbuah lebih kecil dari ukuran buah tomat pada umumnya cocok ditanam dengan menggunakan metode ini karena ukuran buahnya yang tidak terlalu besar akan memudahkan tanaman tumbuh diatas kolam. Untuk mengetahui cara menanam tomat cherry secara aquaponik, simak terus penjelasannya berikut ini.

menanam tomat cherry secara aquaponik

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam tomat cherry secara aquaponik, diperlukan beberapa perangkat khusus yang diletakkan diatas kolam ikan. Alat dan bahan yang digunakan untuk membangun perangkat aquaponik antara lain.

  • Kolam ikan dengan ukuran yang cukup besar misalnya kolam berukuran 2×3 dengan kedalaman sekitar 1 meter dapat menampung ikan lele hingga sekitar 500 ekor.
  • Pipa PVC atau paralon dengan ukuran diameter cukup lebar atau sekitar 3 – 4 cm. Pipa yang akan digunakan nantinya akan dihubungkan dengan pompa dan mengalirkan nutrisi dari kolam menuju wadah tanam atau growbed.
  • Wadah media tanam atau growbed berupa baskom plastik atau wadah lain yang cukup kuat untuk menahan batang tanaman terung. Pilih wadah media tanam dengan ukuran tidak telalu besar atau dengan panjang x lebar sekitar 30 x 20 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm.
  • Media tanam dapat berupa pecahan genteng atau kerikil yang memiliki porositas tinggi dan dapat dilewati air dengan baik serta tidak menyebabkan pengendapan dalam growbed.
  • Benih tanaman tomat cherry berkualitas baik. Sebaiknya pilih benih yang masih dalam kemasan alumunium foil dan memiliki tanggal kadaluarsa yang jelas pada kemasan.
  • Pompa air yang digunakan untuk mengalirkan nutrisi dari kolam ikan menuju wadah media tanam. Pompa air dihubungkan pada pipa yang ujungnya mengarah pada wadah tanam dan ujung lainnya berada didalam kolam penampungan ikan.
  • Stik bambu atau kayu dengan tali yang akan digunakan untuk menopang batang tomat ketika tumbuh besar dan mulai berbuah. Penyangga dibutuhkan agar batang tanaman tetap dapat tumbuh dengan tegak diatas growbed.
  • Wadah atau tray semai berisi media tanam arang sekam yang dicampur dengan pupuk kompos atau campuran cocopeat dan perlite dengan perbandingan 1 : 1.

Proses Menanam Tomat Cherry Secara Aquaponik

Jika perangkat telah siap, maka tahap penanaman bisa dimulai dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini.

  1. Tahap pertama dalam menanam tomat cherry secara aquaponik adalah menyemai benihnya dalam wadah semai yang telah disiapkan. Benih disemai pada wadah semai yang diisi dengan media semai. Sebar benih pada media semai kemudian tutup permukaan atasnya dengan media yang sama agar benih terkubur didalamnya. Basahi media semai dan simpan ditempat gelap hingga benih berkecambah. Setelah bibit tanaman tomat cherry tumbuh, wadah bisa dipindahkan ke tenpat terbuka yang mendapatkan cukup sinar matahari. Sirami bibit setiap pagi dan sore dan tunggu hingga 3 minggu atau saat tanaman memiliki empat buah daun, tanaman bisa dipindahkan ke perangkat aquaponik.
  2. Pipa PVC dipasang pada dasar kolam agar bisa menghisap air dan bagian lainnya tersambung pada pompa. Buat percabangan pada pipa dan masing- masing ujung perpanjangan pipa mengarah pada growbed atau media tanam yang diletakkan dipinggir kolam. Lubangi setengah bagian growbed yang mengarah keatas kolam agar air yang masuk bisa mengucur keluar lewat lubang tersebut. Saat bibit tanaman tomat sudah siap dipindahkan, cabut bibitnya daro media semai dan bersihkan akarnya dengan menggunakan air bersih. Letakkan bibit pada growbed yang telah diisi kerikil atau pecahan genting.
  3. Biarkan air mengalir dari kolam dan kembali kekolam minimal selama 8 jam setiap hari misalnya dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 tanaman harus terus dialiri air. Jika tanaman tomat cherry mulai tumbuh dan batangnya mulai meninggi, tahan batang tanaman dengan menggunakan batang bambu atau kayu agar dapat tumbuh dengan tegak.
  4. Tanaman tomat cherry yang dirawat dengan baik dan dijaga dari hama, dapat dipanen buahnya setelah tiga hingga empat bulan.

Demikian cara menanam tomat cherry secara aquaponik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE