Cara Menanam Tomat Cherry Hidroponik Wick

Urbanina.com – Tomat, salah satu buah yang dianggap sebagai sayuran ini adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada dalam masakan sehari-hari khususnya masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis tomat yang bisa kita temukan saat ini salah satunya adalah jenis tomat cherry. Jenis tomat yang satu ini bisa dibilang sebagai varietas tomat yang mahal karena belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis dan segar, tomat cherry mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda suka mengkonsumsi tomat cherry, tidak ada salahnya jika Anda menanamnya sendiri di rumah dengan menggunakan sistem hidroponik wick. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cara menanam tomat cherry hidroponik wick, simak penjelasannya berikut ini.

menanam tomat cherry hidroponik wick

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Menanam tomat cherry hidroponik wick dapat dilakukan dengan mudah dan dengan memanfaatkan alat dan bahan berikut ini

  • Benih tanaman tomat cherry yang dapat diperoleh ditoko pertanian atau toko yang menyediakan benih tanaman tomat ini. Jika tidak ada,
  • Pot berdiameter 15 hingga 20 cm yang digunakan sebagai wadah media tanam dan tempat tumbuh tanaman.
  • Kaleng cat yang terbuat dari plastik yang digunakan untuk menampung larutan nutrisi hidroponik , pilih kaleng cat berukuran lebih besar dari pot. Bagian atasnya ditutup dengan kaleng yang dilubangi seukuran pot agar nantinya pot bisa diletakkan dibagian atas kaleng cat tersebut. Jika tidak ada tutupnya, bisa diganti dengan menggunakan sterofoam seukuran tutup kaleng dan cukup tebal
  • Nutrisi khusus hidroponik yang bisa diperoleh ditoko pertanian misalnya nutrisi AB Mix atau nutrisi hidroponik yang dibuat sendiri.
  • Kain flannel atau jenis kain lainnya yang berfungsi sebagai sumbu yang bisa digunakan untuk sebagai sumbu penyalur nutrisi.
  • Solder atau cutter untuk memotong bagian atas tutup kaleng cat.
  • Media tanam berupa arang sekam atau media lain seperti campuran perlite dan cocopeat yang dapat menyerap dan menyimpan air dengan baik.
  • Wadah atau tray semai berisi sekam yang dicampur dengan pupuk organik pada perbandingan 50 : 50.

Proses Menanam Tomat Cherry Hidroponik Wick

Setelah semua alat dan bahan telah siap maka proses menanam dapat dilanjutkan dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini.

  1. Tahap pertama dalam menanam tanaman tomat cherry adalah menyemai benihnya pada wadah media semai yang telah disiapkan sebelumnya. Benih dapat ditebar pada tray yang diisi campuran arang sekam dan pupuk kompos selanjutnya wadah benih disimpan pada ruangan yang gelap hingga berkecambah. jika tanaman telah tumbuh tunas, bibit tanaman tomat cherry dapat dipindah beserta wadahnya keruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari. Setelah bibit tanaman tumbuh dan memiliki empat buah daun, maka tanaman bisa dipindahkan pada media hidroponik.
  2. Buatlah lubang kecil pada bagian dasar pot dan jangan lupa untuk mengikat kain flannel pada pot tersebut. Pastikan kain yang digunakan untuk mengikat dapat menghisap dan meneruskan larutan nutrisi serta air menuju media tanam. Pasang pot tersebut pada bagian atas kaleng cat plastik yang telah diisi nutrisi AB mix yang telah dilarutkan dalam air. Pindahkan bibit tanaman pada media tersebut dan biarkan tanaman tomat cherry tumbuh dengan sendirinya.
  3. Lakukan perawatan tomat cherry dengan mengganti larutan jika larutan mulai berbau. Saat tanaman mulai tumbuh besar dan berbuah, kadar nutrisi dapat ditingkatkan misalnya dari 5 ml larutan A dan B dalam satu liter menjadi 7 ml dalam satu liter. Buanglah bagian tanaman yang kering jika terkena penyakit atau serangan hama. Tanaman tomat cherry yang mulai berbuah dapat ditopang dengan menggunakan batang bambu agar tanaman tidak merunduk kebawah.
  4. Tanaman tomat yang dirawat dengan baik dan diperhatikan nutrisinya akan berbuah dalam waktu 2 – 3 bulan dan setelah masak, Anda bisa memanennya.

Demikian ulasan mengenai cara menanam tomat cherry hidroponik wick. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *