Cara Menanam Terung Ungu Hidroponik Wick

Urbanina.com – Sistem hidroponik saat ini banyak digunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran. Tidak hanya tanaman sayuran daun saja yang bisa ditanam dengan metode ini, tanaman sayur yang berbuah seperti terung ungu juga bisa dibudidayakan dengan menggunakan sistem hidroponik. Tanaman terung ungu banyak digemari karena selain rasanya yang enak, buah terung yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Memang untuk menanam terung ungu hidroponik diperlukan persiapan dan perlakuan yang berbeda namun hasilnya yang berkualitas membuat sistem tanam ini layak diaplikasikan bahkan untuk skala tanam rumahan. Jika Anda ingin menanam tanaman terung ungu sendiri dirumah, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam tanaman yang satu ini dengan menggunakan metode hidroponik sistem wick. Untuk mengetahui detailnya lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini.

menanam terung ungu hidroponik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam terung ungu hidroponik wick, berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan :

  • Benih tanaman terung ungu yang dapat diperoleh ditoko pertanian atau toko yang menyediakan benih tanaman. Jika tidak ada, kita bisa mengambil biji terung secara langsung dari terung yang membusuk dipohon kemudian biji tersebut dikeringkan dibawah sinar matahari selama dua jam dan setelah itu biji dikeringkan ditempat yang tidak terkena cahaya matahari selama 4 hingga 5 jam.
  • Pot berdiameter 15-20 cm yang digunakan sebagai wadah media tanam.
  • Bekas kaleng cat yang terbuat dari plastik yang digunakan untuk menampung larutan nutrisi , pilih kaleng cat berukuran sedang dan sedikit lebih besar dari pot. Tutup kaleng cat dilubangi seukuran pot agar nantinya pot bisa diletakkan dibagian atas kaleng cat. Jika kaleng tidak memiliki tutup, bisa diganti dengan menggunakan sterofoam yang cukup tebal dan dipotong sesuai ukuran tutup kaleng cat.
  • Nutrisi khusus hidroponik yang bisa diperoleh ditoko pertanian misalnya nutrisi AB Mix yang diramu sesuai takaran petunjuk pada kemasan.
  • Kain flannel yang berfungsi sebagai sumbu atau jenis kain lainnya yang bisa digunakan untuk sebagai sumbu.
  • Splder atau alat lain untuk memotong bagian tutup kaleng cat.
  • Media tanam berupa arang sekam yang dapat menyerap dan menyimpan air dengan baik.

Proses Menanam terung Ungu Hidroponik Wick

Setelah alat dan bahan telah siap maka tahap penanaman dapat dimulai. Berikut adalah langkah-langkah menanam terung dengan metode wick sederhana

  1. Tahap pertama dalam menanam terung adalah menyemai benihnya pada wadah media semai yang telah disiapkan. Benih dapat disemai pada tray yang diisi campuran arang sekam dan pupuk kompos selanjutnya benih yang telah diletakkan pada media semai disimpan pada ruangan yang gelap hingga berkecambah. jika tanaman telah menumbuhkan tunas, tanaman beserta wadahnya dapat dipindah keruang yang mendapatkan cukup cahaya. Setelah bibit tanaman tumbuh dan memiliki empat buah daun, maka tanaman bisa dipindahkan
  2. Buatlah lubang kecil pada bagian dasar pot dan ikatkan kain flannel pada pot tersebut. Pastikan kain yang digunakan untuk mengikat dapat menyalurkan nutrisi dan air menuju media tanam. Pasang pot pada bagian atas kaleng cat plastik yang telah diisi larutan nutrisi. Pindahkan bibit tanaman pada media tersebut dan biarkan tumbuh secara normal.
  3. Lakukan perawatan tanaman terung dengan mengganti larutan jika mulai berbau dan tingkatkan kadar pemberian nutrisi jika tanaman semakin besar. Buanglah bagian tanaman yang kering atau terkena serangan hama. Tanaman terung yang mulai berbuah dapat disangga atau ditahan dengan menggunakan batang bambu agar tanaman tidak merunduk kebawah atau rubuh.
  4. Tanaman terung yang dirawat dengan baik dan diperhatikan nutrisinya dapat dipanen setelah tiga hingga empat bulan.

Demikian ulasan mengenai cara menanam terung ungu hidroponik sistem wick. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *