Cara Menanam Tabulampot Alpukat Dengan Sederhana

Cara Menanam Tabulampot Alpukat Dengan Sederhana

Urbanina.com –┬áMemiliki tanaman buah didalam pot (tabulampot) yang berisikan tanaman buah alpukat di halaman rumah bukanlah sesuatu yang sulit untuk didapatkan. Saat ini, mudah bagi siapa saja untuk mengetahui cara menanam tabulampot alpukat dengan sederhana sehingga dapat menanam dengan peralatan yang lebih mudah didapatkan. Bagi Anda yang ingin menanam tabulampot alpukat di halaman rumah, perlu diperhatikan bahwa disamping prosedur yang benar dalam penanaman atau pembuatan tabulampot, keuletan juga dibutuhkan. Keuletan dalam penanaman tabulampot alpukat tersebut sangat dibutuhkan ketika praktek sesungguhnya di lapangan nantinya.

cara menanam tabulampot alpukat dengan sederhana

Berikut ini akan kami bahas mengenai cara menanam tabulampot alpukat dengan sederhana, yang dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana pula. Pada dasarnya, cara menanam tabulampot alpukat dengan sederhana berikut ini sangat memegang erat prinsip bertanam pada umumnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilalui untuk dapat memiliki tabulampot alpukat dengan cara yang sederhana.

  1. Memilih pot

Anda dapat memilih pot sesuai dengan keinginan, asalkan pot yang Anda pilih tersebut memiliki lubang yang cukup dibagian bawah pot. Lubang yang tersedia dibagian bawah pot berfungsi untuk dapat membuat drainase berjalan dengan baik. Apabila pot tidak memiliki drainase yang baik, dikhawatirkan nantinya dapat menghambat pertumbuhan tanaman alpukat karena pertumbuhan akar didalam pot dapat terhambat.

Juga, pastikan bahwa pot yang Anda pilih adalah jenis pot yang memiliki ukuran yang cukup besar agar dapat menampung tanaman alpukat ketika tumbuh besar nantinya. Drum bekas yang sudah tidak terpakai dapat menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan pot dengan biayan yang murah.

  1. Memilih media tanam

Media tanam penting untuk tanaman alpukat yang tumbuh didalam pot nantinya. Lebih baik jangan menggunakan tanah yang ada dihalaman rumah, karena bisa jadi tanah tersebut banyak mengandung hama yang tidak baik untuk tanaman. Anda dapat memilih tanah yang subur yang tentunya tidak mengandung hama tanah didalamnya.

  1. Memilih bibit alpukat

Tidak perlu dijelaskan lebih dalam lagi, bibit yang baik berpengaruh baik pula bagi pertumbuhan tanaman alpukat nantinya. Untuk dapat memiliki bibit alpukat yang baik tersebut, Anda dapat membeli bibit tersebut di toko yang sudah terpercaya kualitas bibitnya.

  1. Mengisi pot dengan media tanam

Setelah membeli bibit alpukat yang baik, Anda kemudian dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengisi pot degan media tanam. Ingat, keuletan adalah hal yang dibutuhkan ketika praktek di lapangan, termasuk ketika mengisi pot dengan media tanam ini.

Ketika mengisi pot dengan media tanam, atur sedemikian rupa agar tanah tidak terlalu padat ataupun terlalu gembur.

  1. Tanamkan bibit alpukat

Langkah yang terakhir adalah dengan menancapkan bibit tanaman alpukat kedalam media tanam yang telah siap didalam pot. Bila bibit yang ditanam tersebut dikemas didalam polybag, Anda dapat menanam bibit tersebut tanpa menyertakan tanah atau media tanam yang ada didalam polybag.

Demikian cara menanam tabulampot alpukat dengan sederhana yang dapat kami tulis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *