Cara Menanam Srikaya di Depan Rumah

Urbanina.com – Srikaya atau sarikaya adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona dan berasal dari daerah tropis. Srikaya biasanya dimakan dalam keadaan segar, daging buahnya bisa dipergunakan sebagai bahan utama sirup, selai, penyedap es krim, dan makanan/minuman olahan yang lainnya. Sementara itu buah yang masih hijau/mentah dan bijinya yang muda dapat dimanfaatkan menjadi insektisida yang mujarab. Bagaimanakah cara menanam srikaya di depan rumah atau kebun?

Menanam srikaya merupakan salah satu kegiatan menarik yang sekarang banyak dilakukan oleh para ibu, mereka tidak ragu-ragu untuk menanam srikaya di depan rumah atau di kebun selaku tanaman peneduh disamping dapat digunakan buahnya. Cara menanam srikaya di depan rumah tidaklah sulit, asal saja Anda mengetahui ilmunya. Berikut cara menanam srikaya di depan rumah atau kebun  secara step by step.

Cara Menanam Srikaya di Depan Rumah [ ]

Syarat-syarat Tumbuh

Srikaya dapat tumbuh dengan baik sekali di daerah beriklim tropis dengan ketinggian kira-kira1.000 meter dpl. Tanaman ini terkenal sekali di India sebab tahan kering. Walaupun tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang mengandung pasir sampai tanah liat yang mengandung lempung, tetapi hasil paling baik untuk menghasilkan buah berkualitas cuma dapat diperoleh bila srikaya ditanam pada tanah yang mengandung pasir atau tanah liat yang mengandung pasir.

Pembibitan

  • Penanaman srikaya umumnya dengan cara disambungkan pada batang bagian bawah srikaya lalu ditanam dari benih batang bagian bawah srikaya yang cenderung akan mengurangi ukuran pohonnya.
  • Cara menanam srikaya yang sangat umum ialah dengan menggunakan whip and tongue grafting, cleft grafting dan whift grafting. Prosentase dari ketiga cara ini tinggi sekali, khususnya bila penyambungan sudah diadakan pada awal keluarnya getah. Sekarang sangat banyak cara sederhana menanam srikaya, bisa menggunakan cangkokan, kultur jaringan, stek, dan lain sebagainya.

Cara Menanam Srikaya Di Depan Rumah

Pastikanlah terlebih dulu bila jarak tanam srikaya sudah mencapai 5 x 3 m dan 4 x 3 m agar Anda bisa menanam srikaya di depan rumah (kebun).

Pemangkasan

Pemangkasan umumnya dilakukan saat tanaman telah mulai tertutup oleh hama-hama yang mengganggu dan kotoran. Pemangkasan dilakukan dengan mempergunakan arit atau cangkul dan tangan telanjang jika tidak sulit dan tidak banyak.

Pemeliharaan

Proses pemeliharaannya mesti dilakukan menurut jadwal supaya kelembaban tetaplah terpelihara dan tanaman ini tak terlalu menjadi kering sekali.

Buah srikaya memerlukan banyak kalium, maka tidak aneh bila tanaman ini memerlukan pupuk dan penyiraman yang jitu supaya dapat tumbuh dengan baik sehingga berbuah terus.

Pemanenan

Srikaya mulai keluar bunga ketika  berumur 3-4 tahun. Panen bisa dilakukan ketika berumur 110-120 hari setelah tumbuh bunga. Buah srikaya masaknya tidak terjadi dengan serentak namun sendiri-sendri (individu).

Tidak sedikit yang sudah mencoba cara menanam srikaya di depan rumah sebab penasaran dengan hasilnya. Cobalah cara menanam srikaya di depan rumah atau kebun di atas dan buktikanlah sendiri.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *