Cara Menanam Seledri Sistem Hidroponik Wick

Cara Menanam Seledri Sistem Hidroponik Wick

Urbanina.com – Daun seledri yang sering kita gunakan untuk memasak ternyata dapat dengan mudah kita tanam sendiri di rumah. Selain dapat digunakan untuk memasak daun ini juga memiliki banyak khasiat yang dapat digunakan untuk pengobatan. Ada banyak metode untuk menanam seledri dengan sistem hidroponik salah satunya adalah dengan menggunakan metode hidroponik Wick atau sistem sumbu. Metode ini dapat dipraktekkan di rumah bahkan jika tidak ada lahan untuk menanam tanah dalam sistem hidroponik tanaman tidak ditanam pada media tanah. Menggunakan perangkat sederhana bahkan yang terbuat dari barang bekas serta media arang sekam Kita bisa menanam seledri di rumah dan hasilnya dapat dinikmati kapan saja jika seledri Sudah tumbuh besar. Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan dalam menanam seledri sendiri dengan metode hidroponik Wick

menanam seledri

  • Bak plastik. Bak ini dapat diganti dengan wadah lainnya yang dapat digunakan untuk menampung air dan nutrisi seperti baskom plastik.
  • Gelas plastik bekas air mineral yang digunakan sebagai wadah media tanam pengganti netpot jika tidak tersedia. Sebelum digunakan untuk menanam gelas dilubangi terlebih dahulu pada bagian sisi samping dan Sisi bawahnya agar nutrisi dapat termasuk dengan baik.
  • Media berupa arang sekam. Media ini digunakan karena beratnya yang ringan dan mudah ditemukan. Arang sekam adalah salah satu media hidroponik yang organik sehingga dapat memicu pertumbuhan akar dan mikroorganisme baik yang menempel pada akar tanaman.
  • Sterofom yang berfungsi untuk meletakkan wadah media tanam di atas plastik. Sterofom harus dilubangi terlebih dahulu untuk wadah tanam dan dengan jarak yang cukup dekat misalnya 3 cm.
  • Benih tanaman seledri yang dapat diperoleh dari toko pertanian.
  • Nutrisi hidroponik seperti larutan AB mix. Gunakan larutan sesuai takaran yang tertera pada petunjuk penggunaan dalam kemasan.
  • Kain flanel atau sumbu kompor yang berfungsi untuk mengalirkan nutrisi dari wadah plastik menuju media tanam.

Langkah-langkah menanam seledri hidroponik Wick

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dalam menanam seledri sistem Wick dan pastikan alat dan bahan tersebut dalam kondisi baik.
  2. Benih seledri yang akan ditanam harus disemai terlebih dahulu pada pasir halus atau tanah dengan cara letakkan benih tersebut pada tanah yang telah dibasahi sebelumnya dan disimpan di ruangan yang gelap. Setelah benih tumbuh menjadi bibit dengan 4 daun sejati maka tanaman seledri dapat dipindahkan ke media tanam hidroponik. Sebelum dipindahkan ke media tanam hidroponik jangan lupa bersihkan terlebih dahulu akar seledri dengan cara mengambil tanaman dari tanah dan mencucinya dalam bak yang berisi air.
  3. Ikat ujung kain flanel pada lubang gelas media tanam dan pastikan salah satu ujungnya dapat menyentuh air di dalam bak plastik dan ujung yang satunya dapat menyentuh bagian atas media tanam.
  4. Letakkan arang sekam pada gelas plastik yang telah dipasang dengan kain flanel sebelumnya kemudian buat lubang di tengah media sekam kemudian masukkan bibit seledri di dalamnya dengan menggunakan tongkat. Pastikan bibit seledri masuk dalam media tanam dengan baik dan tidak membengkok.
  5. Basahi seledri dan medianya dengan sedikit air bila sekam sulit untuk dimasukkan bibit karena biasanya sekam yang kering akan sulit dilubangi.
  6. Rawatlah tanaman dengan baik perhatikan pertumbuhannya. Jika air dan nutrisi surut maka bisa ditambahkan lagi dengan takaran yang sudah ditentukan.
  7. Seledri akan tumbuh dengan cepat pada media hidroponik dapat dipanen setelah satu hingga dua bulan.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *