Cara Menanam Selada Hidroponik Sederhana Dalam Botol

Urbanina.com – Siapa yang tidak menyukai jenis sayuran yang satu ini? Selain memiliki rasa dan tekstur yang enak, daun selada kaya akan manfaat diantaranya untuk mengatasi anemia, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan lain sebagainya. Mengkonsumsi selada setiap hari juga baik untuk kulit sehingga tanaman ini sangat cocok dijadikan pelengkap menu harian. Daun selada biasanya bisa dengan mudah ditemui dipasar atau swalayan, namun harganya yang cukup tinggi bisa menjadi alasan untuk menanam jenis sayuran ini sendiri dirumah dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol air mineral. Metode menanam selada dengan sistem hidroponik yang menggunakan botol bekas juga terbilang sederhana dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Untuk mengetahui cara menanam selada hidroponik sederhana,simak penjelasannya berikut ini.

menanam selada hidroponik sederhana

Alat dan Bahan Yang Diperlukan 

Untuk menanam selada hidroponik sederhana dengan menggunakan botol ini, diperlukan alat dan bahan berikut ini

  • Botol bekas air mineral berukuran 1,5 liter. Botol dibelah menjadi dua dengan bagian atas lebih pendek dibandingkan bagian bawahnya.
  • Media tanam hidroponik berupa potongan rockwoll berukuran 3x3x3. Rockwoll dipilih karena lebih praktis dan mudah digunakan serta bisa digunakan sekaligus sebagai media semai.
  • Benih selada dengan varietas yang diinginkan, sebaiknya pilihlah benih berkualitas dan sesuaikan dengan kondisi tanah dan cuaca ditempat tinggal Anda. Benih banyak tersedia ditoko pertanian dan online store terpercaya.
  • Nutrisi khusus hidroponik misalnya larutan AB Mix yang dilarutkan dalam air dengan takaran tertentu.
  • Cutter atau pisau untuk memotong botol air mineral.
  • Wadah atau nampan untuk meletakkan media semai

Cara Menanam Selada Hidroponik Sederhana

Setelah alat dan bahan telah siap maka tahap mananam selada dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut :

  1. Potong botol mineral menjadi dua bagian dan bagian bawah botol dibiarkan lebih panjang dibandingkan tutupnya. Bagian atas tutup botol nantinya digunakan untuk meletakkan media tanam dan tanaman yang akan tumbuh.
  2. Benih selada yang akan ditanam harus direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama semalaman kemudian setelah semalam, benih dapat disemai dengan cara dimasukkan dalam potongan rockwoll yang telah dilubangi dibagian tengahnya. Letakkan benih dalam potongan rockwoll tersebut pada nampan yang telah disiapkan kemudian basahi rockwoll agar benih lebih cepat berkecambah. Simpan nampan berisi benih semai dalam ruang yang terlindung dari cahaya.
  3. Setelah benih selada berkecambah, wadah benih semai dapat dipindahkan pada ruang yang memiliki cukup cahaya dan jangan lupa untuk menyiramnya dengan air untuk menjaganya tetap lembab, akan tetapi jangan menyiramnya secara berlebihan. Setelah memiliki dua hingga empat buah daun, bibit tanaman selada dapat dipindahkan.
  4. Isilah bagian bawah botol air mineral dengan nutrisi hidroponik yang telah dilarutkan dengan air sesuai dengan takaran yang ada pada petunjuk kemasan. Kemudian letakkan rockwoll bersama bibit pada bagian atas botol dan biarkan akarnya menyentuh larutan nutrisi pada botol bagian bawah.
  5. Gantilah larutan seminggu sekali atau saat larutan mulai berbau dan tingkatkan juga kadar nutrisi yang diberikan saat tanaman mulai tumbuh besar. Tanaman selada yang dirawat dengan baik dan cukup nutrisi dapat dipanen setelah usianya mencapai dua hingga tiga bulan.

Menanam selada hidroponik sederhana dengan menggunakan botol bekas air mineral dapat dilakukan didalam ruangan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki cukup lahan untuk menanam. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *