Cara Menanam Selada Dengan Hidroponik NFT

Urbanina.com – Tanaman selada yang biasa kita konsumsi dalam salad, gado-gado atau makanan lainnya adalah salah satu sayuran yang cukup populer. Berbagai varian selada bisa kita temukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau meskipun dibandingkan sayuran lainnya seperti kangkung dan bayam, sayuran ini masih tergolong mahal. Bagi Anda yang gemar berkebun dengan menggunakan sistem hidroponik, tidak ada salahnya jika mencoba menanam selada di area rumah atau kebun dengan menggunakan metode NFT atau Nutrient Film Technique. Metode NFT adalah salah satu metode hidroponik yang cukup banyak digunakan karena tanaman yang ditanam dengan perangkat ini tidak membutuhkan banyak perawatan maupun penyiraman. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana menanam selada dengan hidroponik NFT yang mudah dilakukan.

menanam selada dengan hidroponik NFT

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam selada dengan hidroponik NFT diperlukan perangkat tanam yang dirakit sedemikian rupa dan alat serta bahan lainnya yang dibutuhkan dalam sistem hidroponik, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Perangkat tanam hidroponik NFT yang dapat diperoleh ditoko yang menyediakan perangkat ini atau jika tidak tersedia kita bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan pipa PVC berukuran sedang yang disusun pada rak atau suatu dudukan. Pipa tersebut nantinya akan dihubungkan pada tandon nutrisi dan pompa yang mengalirkan nutrisi dari tandon menuju perangkat NFT. Intinya dalam suatu perangkat NFT harus terdiri dari pipa wadah media tanam, tandon nutrisi, pompa air dan pipa yang menghubungkan pompa dengan tandon nutrisi serta dudukan pipa yang terbuat dari kayu atau besi.
  • Benih selada berkualitas baik. Benih yang akan ditanam sebaiknya diperoleh dalam kemasan yang masih utuh dan direndam dalam air hangat selama semalam sebelum disemai untuk mempercepat perkecambahan.
  • Wadah media tanam berupa netpot yang dapat diperoleh ditoko pertanian atau toko yang menyediakan peralatan hidroponik.
  • Media tanam hidroponik berupa rockwoll yang dipotong dengan ukuran 3x3x3 cm atau sesuai dengan ukuran wadah media tanam yang digunakan.
  • Nutrisi khusus hidroponik yang dibuat atau diracik sendiri atau nutrisi hidroponik jadi yang sudah tersedia dipasaran misalnya nutrisi AB Mix.
  • Wadah atau tray yang digunakan untuk menyemai benih.

Cara Menanam Selada Dengan Hidroponik NFT

Setelah perangkat telah tersedia maka kita bisa mulai menanam selada dengan hidroponik NFT melalui langkah-langkah berikut ini :

  1. Tahap pertama penananan adalah tahap persemaian dimana benih disemai pada potongan rockwoll. Masukkan satu atau dua benih pada lubang yang dibuat dibagian tengah potongan rockwoll kemudian letakkan potongan rockwoll tersebut pada nampan kemudian basahi dan letakkan diruang yang gelap atau terlindung cahaya hingga benih berkecambah menjadi bibit.
  2. Setelah bibit selada tumbuh cukup besar atau berusia sekitar dua minggu, bibit tanaman selada dapat dipindahkan kedalam wadah media tanam yang diletakkan dalam perangkat NFT. Tentu saja sebelum dipindahkan tandon harus sudah diisi dengan larutan nutrisi dan sudah dapat dialirkan.
  3. Saat menanam tanaman selada dan merawatnya, jangan lupa untuk mengecek pH dan konsentrasi larutan. Apabila konsentrasi berkurang, tambahkan nutrisi pada larutan secara berkala.
  4. Tanaman selada yang diperhatikan dan dirawat dengan baik akan tumbuh besar dan dapat dipanen setelah usianya mencapai lebih dari dua bulan.

Menanam selada secara hidroponik sebaiknya jangan dilakukan pada musim dimana matahari bersinar sangat terik dan cuaca terlalu panas karena selada tidak akan tumbuh optimal pada suhu tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *