Cara Menanam Selada Aquaponik Secara Runtun

Urbanina.com – Sistem aquaponik adalah salah satu sistem tanam yang bisa dierapkan jika Anda ingin memanfatkan kolam ikan yang Anda miliki dan ingin mendapatkan hasil ganda. Metode aquaponik hampir sama seperti metode hidroponik hanya saja sumber nutrisi aquaponik berbeda dengan hidroponik. Sistem tanam yang satu ini juga bisa dikategorikan sebagai sistem tanam organik karena pada prakteknya sistem ini tidak menggunakan bahan kimia termasuk untuk member pakan ikan dan nutrisi tumbuhan. Zat hara atau nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan didapat dari sisa makanan dan kotoran ikan yang terlarut dalam air yang disalurkan pada tanaman. sistem aquaponik cocok digunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran termasuk selada atau Lactuca sativa yang biasa kita konsumsi sebagai bahan campuran salad atau lalapan. Berikut ini adalah cara menanam selada aquaponik beserta langkah-langkahnya.

menanam selada aquaponik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Membangun suatu sistem aquaponik memang membutuhkan usaha termasuk dalam menyiapkan perangkat tanam. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam selada aquaponik diantaranya :

  • Kolam ikan dengan ukuran tertentu misalnya kolam berukuran 1,5 x 3 meter dengan kedalaman 1 meter. Kolam tersebut dapat menampung hingga 500 ekor ikan lele.
  • Benih selada berkualitas baik, varietas bisa disesuaikan dengan selera dan sebaiknya belilah benih yang masih dalam kemasan agar kita bisa mengontrol tanggal kadaluarsanya.
  • Pipa PVC atau paralon dengan diameter 20 – 30 cm. pipa harus dilubangi terlebih dahulu sebagai tempat meletakkan wadah tanam.
  • Wadah media tanam dapat berupa netpot atau gelas plastic bekas air mineral
  • Media tanam dapat berupa rockwoll atau pecahan genting serta kerikil
  • Pompa air yang akan mengalirkan air dari kolam menuju wadah media tanam yang diletakkan dalam pipa PVC. Pompa harus tersambung pada kolam melalui pipa dengan diameter yang lebih kecil.
  • Benih ikan air tawar yang akan dibudidayakan misalnya lele, gurami atau nila.
  • Wadah dan media semai benih selada

Cara Menanam Selada Aquaponik

Setelah alat dan bahan sudah siap serta instalasi pipa sudah terpasang diatas kolam maka kita bisa memulai proses penanaman dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Tahap pertama, semai benih selada yang telah direndam sebelumnya semalaman dalam air hangat, pada potongan rockwoll yang telah dilubangi. Potong rockwoll ukuran 3x3x3 cm atau seukuran lubang dalam netpot. Letakkan benih dan potongan rockwoll tersebut pada suatu wadah dan basahi dengan air. Simpan ditempat gelap selama beberapa hari hingga muncul tunas. Selain menggunakan rockwoll untuk menyemai, kita juga bisa menggunakan arang sekam yang dicampur pupuk kompos untuk menyemai benih.
  2. Setelah bibit mulai tumbuh, biarkan wadah semai diletakkan pada tempat atau ruang yang mendapat cukup cahaya dan biarkan tanaman tumbuh hingga memiliki empat hingga 5 daun. Saat tanaman selada memiliki empat atau lima daun, tanaman dapat dipindahkan pada media atau instalasi aquaponik. Pindahkan bibit beserta rockwoll pada netpot atau jika bibit diambil dari media semai yang menggunakan sekam dan pupuk, bersihkan akarnya terlebih dahulu baru pindahkan pada media tanam yang diletakkan didalam pipa PVC.
  3. Tanaman selada yang ditanam dengan metode aquaponik tidak begitu memerlukan perawatan yang serius jadi jika terjadi masalah, kita bisa mengatasinya dengan mudah dan hanya dengan menggunakan bahan organik.
  4. Setelah dua hingga tiga bulan, tanaman selada dapat dipanen dan dinikmati hasilnya,

Itulah bagaimana cara menanam selada aquaponik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *