Cara Menanam Sayuran Selada Secara Organik

Cara Menanam Sayuran Selada Secara Organik

Urbanina.com –┬áCara menanam sayuran selada secara organik itu seperti apa sih? Bercocok tanaman atau berkebun tidak selamanya harus memerlukan lahan yang luas. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Saat ini ada cara bercocok tanam yang tepat bagi orang yang tidak memiliki lahan cukup luas. Anda mesti mencoba cara menanam sayuran selada secara organik di pot atau polybag bila Anda sedang mengalami masalah itu.

cara menanam sayuran selada secara organik

Selada atau para ilmuwan menyebutnya Lactuca Sativa adalah salah satu jenis tumbuhan sayur yang pada umumnya bisa tumbuh pada daerah beriklim sedang dan bisa juga pada daerah beriklim rendah tropika. Dalam keseharian selada biasa kita jumpai sebagai lalapan atau salad. Menurut hirarki, selada tergolong ke dalam kelas Magnoliopsida dan ordo Asteraceaea ini adalah satu diantara beberapa jenis sayuran yang mengandung banyak mineral diantaranya potasium, mangan, kobalt, tembaga, seng, besi, iodium dan fosfor.

Jika Anda tertarik dan berminat membudidayakan sayuran selada di halaman rumah Anda, maka gunakanlah cara menanam sayuran selada secara organik. Bahan-bahan yang dibutuhkannya pun mudah untuk dicari. Bila Anda sudah tak sabar lagi ingin menanamnya, berikut ini cara menanam sayuran selada secara organik di polybag atau pot.

 

Persiapan Benih

Ada beberapa jenis selada yang dikenal masyarakat luas. Selada loose leaf, selada bokor, atau selada boston adalah jenis-jenis selada yang bisa dipilih untuk ditanam di pekarangan rumah. Anda bisa memilih jenis selada sesuka hati karena cara menanamnya sama kok seperti biasa.

 

Menyiapkan Media Tanam

Selanjutnya cara menanam sayuran selada secara organik yaitu dengan mempersiapkan media tanamnya. Campurkan pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1 hingga merata. Masukkan media tanam ke dalam polybag jika campuran tadi telah merata sampai terasa cukup. Usahakan tidak boleh terlalu padat supaya akar selada lebih leluasa untuk tumbuh dan air lebih gampang mengalir.

 

Menyemai Benih

Benih selada disemai pada tray bila Anda mempunyai tray. Tetapi bila tidak memilikinya, Anda bisa menyemai benih dengan wadah apa saja asalkan cocok. Ketika menyemai benih selada, hal-hal berikut ini sebaiknya dilakukan:

  • Selama 1 malam benih selada direndam terlebih dahulu.
  • Benih selada disebar ke dalam wadah semai yang telah disiapkan.
  • Benih dipindahkan pada polybag setelah bibit selada bisa tumbuh lumayan bagus selama kira-kira 1 minggu.

 

Penanaman

Tanamlah bibit selada yang telah berdaun sebanyak 4-5 helai. Waktu memindahkan bibit berhati-hatilah supaya bibitnya tak sampai rusak.

 

Pemupukan

Saat pemupukan, gunakan pupuk organik seperti pupuk kompos, pupuk bokasi atau pupuk kandang yang dilakukan sebelum bibit dipindahkan pada media tanam.

 

Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap hari hingga selada terlihat hidup dengan baik. Setelah itu disiram secukupnya saja.

 

Panen

Selada biasanya dipanen Ketika sudah berumur 2 bulan selada bisa dipanen. Cabut selada sampai ke akarnya bila ingin dipanen secara permanen, tetapi bila tidak, cukup mengguntingnya saja.

Itu dia cara menanam sayuran selada secara organik di polybag yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba deh dan semoga saja berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *