Cara Menanam Sayuran Pakcoy Secara Organik

Cara Menanam Sayuran Pakcoy Secara Organik

Urbanina.com – Belakangan ini berbagai kegiatan digalakkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai beragam  keuntungan mengonsumsi sayuran organik. Disamping itu, produsen pupuk organik pun turut memanfaatkan situasi ini sebagai event untuk memperkenalkan beberapa keuntungan menggunakan pupuk organik yang telah diproduksinya sehingga banyak orang ingin mengetahui cara menanam sesuatu secara organik, termasuk cara menanam sayuran pakcoy secara organik.

cara menanam sayuran pakcoy secara organik

Sayuran daun merupakan salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan secara organik. Sayuran daun diantaranya adalah pakcoy, selada bokor, caisin, kangkung darat, dsb. Selain perawatannya yang gampang banyak orang membudidayakan sayuran daun secara organik karena umurnya cukup singkat, yakni sekitar 24-35 hari sudah bisa dipanen dan dilempar ke pasaran. Namun jika Anda ingin terjun ke dalam agribisnis pakcoy sebaiknya pelajari dulu cara menanam sayuran pakcoy secara organik ini secara mendetail.

Tanaman pakcoy merupakan satu diantara budidaya tanaman sayuran organik yang lumayan menarik dan menguntungkan. Selain rasanya yang enak, bentuknya menarik, cara budidayanya yang mudah juga umurnya yang singkat menjadi daya tarik untuk menanam pakcoy. Pakcoy sudah bisa dipanen dan disajikan di meja makan Anda cukup hanya memerlukan waktu satu bulan. Yuk saatnya kita mengenal cara menanam sayuran pakcoy secara organik!

Berikut  cara menanam sayuran pakcoy secara organik:

Persiapan Lahan

Lahan dibalik atau dibajak supaya menjadi gembur dengan menggunakan traktor ataupun dicangkul. Lalu membuat bedengan selebar 100cm dan tingginya 20cm, sedangkan selokannya selebar 30cm. Pupuk kandang kering dengan dosis 4 kg/m2 ditaburkan ke bedengan. Kemudian

pupuk kandang dengan tanah bedengannya diaduk secara merata dan ratakanlah permukaan tanahnya.

Pembibitan

Masukkan media semai berupa campuran pupuk kandang, arang sekam dan tanah berkomposisi 2:1:3 ke dalam tray. Media itu disiram hingga basah lalu tanamkan benih ke dalam tray, isi per lubang tray dengan 1 butir benih. Upayakan benih tidak boleh ditanam terlalu dalam supaya bibit bisa tumbuh dengan baik. Tutup benih dengan arang sekam sesudah ditanam. Selama semalam tutuplah tray dengan plastik. Lakukan penyiraman bibit secara teratur 2 kali sehari, pagi dan sore. Dalam jangka waktu 7-9 hari bibit pun siap untuk ditanam jika bibit tumbuh dengan normal.

Penanaman

Penanaman bibit sayuran dilakukan sore hari sesudah cahaya matahari cukup redup agar bibitt tidak layu. Upayakan tanah selalu dalam keadaan basah, siramilah terlebih dulu jika kering. Buat lubang tanam menggunakan tugal dengan diameter sekitar 5 cm dan jarak tanamnya 20×20 cm. Lantas secara perlahan pindahkanlah bibit sayuran ke dalam lahan. Pastikan akarnya tidak boleh patah. Sesudah penanaman dilakukan, siramlah secukupnya dengan air sumur.

Perawatan

Penyiraman. Lakukan penyiraman dua kali sehari, pagi dan sore, supaya tanah selalu dalam kondisi lembab.

Pemupukan. Pemupupukan dilakukan secukupnya saja dengan menggunakan pupuk cair organik berupa air kencing binatang ternak seperti kelinci, kambing, sapi atau larutan air pupuk kandang.

Penanggulangan hama dan penyakit. Penanggulangan hama dan penyakit dilakukan dengan memakai tangan (manual) atau pestisida organik.

Pemanenan

Pada umur kira-kira 23-30 hari tanaman pakcoy bisa dipanen dengan cara mencabut dengan akarnya.

Kiranya cukup sekian paparan mengenai cara menanam sayuran pakcoy secara organik. Selamat bertani dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *