Cara Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Cara Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Urbanina.com – Bercocok tanam merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk dapat memanfaatkan halaman rumah yang kosong bagi tiap-tiap orang yang mempunyai halaman rumah yang luas. Selain itu, Dengan menanam sayuran di halaman rumah, selain akan membah kecantikan halaman juga mempunyai banyak manfaat yang lainnya. Sayuran adalah bahan utama yang dipakai untuk memasak. Sayuran menjadi tanaman yang cocok sebagai tanaman yang dapat ditanam di halaman rumah karena mengandung nutrisi yang tinggi. Bercocok tanam dengan cara mendayagunakan pekarangan atau halaman rumah merupakana aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan bareng keluarga. Akan tetapi, bagaimana cara menanam sayuran organik di rumah?

cara menanam sayuran organik di rumah

Melakukan budidaya tanaman organik dalam bentuk sayuran bisa melindungi kesehatan seluruh anggota keluarga tanpa mengeluarkan banyak biaya. Sayuran organik mempunyai keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan sayuran biasa. Tidak sedikit jenis sayuran organik yang dapat ditanam di rumah, namun Anda harus mengetahui terlebih dulu cara menanam sayuran organik di rumah. Berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Sawi atau caisim

Sawi kerap menjadi bahan utama masakan yang gampang dicerna oleh anak-anak. Sawi mengandung vitamin yang amat baik buat tubuh seperti vitamin A, C, dan E.

2. Bayam

Sayur bayam gampang dicerna dan lunak sehingga bayam sering menjadi bahan dasar untuk makanan bayi. Bayam di dalamnya mengandung banyak zat yang berfungsi untuk mencegah kanker seperti zat folat, flavonoid dan vitamin A.

3. Kangkung

Menurut riset kangkung di dalamya mengandung vitamin A, B12 dan C sehingga mampu memberikan energi untuk tubuh kita.

  1. Cabai

Saat ini tanaman cabai sering ditanam sendiri di halaman rumah karena harganya tak bisa diprediksi dan sering mengalami fluktuasi padahal sebagian besar rumah tangga di Indonesia terbiasa mengkonsumsi cabai.

Di bawah ini ada beberapa cara menanam sayuran organik di rumah yang patut dicoba:

Cara menanam sayuran organik di rumah yang pertama adalah meletakkan tanaman dalam sebuah kontainer. Masukkan tanah yang gembur/baik ke dalam kontainer. Letakkanlah di halaman rumah di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari. Lakukan pemupukan dengan pupuk organik dan penyiraman secara rutin agar tanaman sayuran tumbuh sehat

Cara menanam sayuran organik di rumah bisa juga dengan membuat kebun sayuran secara vertical. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan pot sebagai media tanam lalu pot berisi tanaman sayuran organik tersebut digantung. Sebaiknya pilih tanaman merambat agar dapat dikembangkan secara mudah.

Memilih tanaman sayuran yang mudah dan cepat tumbuh adalah cara menanam sayuran organik di rumah berikutnya. Menanam sendiri di rumah akan mudah dilakukan jika memilih tanaman yang mudah cepat tumbuh, misalnya selada.

Selanjutnya adalah penganekaragaman tanaman sayuran yang Anda tanam. Menanam aneka ragam tanaman sayuran akan meningkatkan manfaatnya, selain dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari juga membuat halaman di rumah tampak lebih asri, segar dan indah.

Memilih jenis tanaman kerdil merupakan cara menanam sayuran organik di rumah yang terakhir agar terlihat semakin menarik dan tidak sempit. Hal ini dilakukan untuk mensiasati halaman rumah yang terkadang lahannya memang sudah sempit. Satu yang pasti, gunakan selalu bibit/benih tanaman sayuran organik, pupuk organik dan pestisida organik saat menanamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *