Cara Menanam Sayuran di Gedebog Pisang pada Musim Kemarau

Cara Menanam Sayuran di Gedebog Pisang pada Musim Kemarau

Urbanina.com – Di Indonesia tanaman pisang tumbuh dengan suburnya, nyaris di seluruh pelosok desa dapat dijumpai tanaman berjantung ini. Tanaman yang dalam bahasa ilmiah dinamakan Musa Paradisiaca ini dapat digunakan sejak dari akar sampai buahnya. Pada umumnya petani pisang cuma menggunakan tanaman ini buah dan daunnya saja, lantas batang pisang atau gedebog pisang cuma dibuang demikian saja tanpa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kecuali dapat dipergunakan menjadi pupuk cair organik gedebog pisang pun nyatanya bisa dipergunakan untuk media tanam sekaligus media tumbuh tanaman sayuran pada musim kemarau seperti kangkung, sawi, bayam, tomat, terong, cabe dan sebagainya. Bagaimanakah cara menanam sayuran di gedebog pisang pada musim kemarau?

Pada waktu lahan pertanian semakin berkurang saat ini limbah tanaman pisang berupa gedebog pisang dapat menjadi pilihan media tanam yang baik dan tepat. Gedebog pisang mempunyai berbagai keistimewaan ketimbang media tanam yang lainnya seperti memiliki kandungan banyak pati yang berguna untuk sumber nutrisi tanaman dan di dalamnya juga memiliki kandungan mikroorganisme yang kelak jadi kompos.

Cara Menanam Sayuran di Gedebog Pisang pada Musim Kemarau []

Gedebog pisang pun mempunyai senyawa penting seperti flavonoid, saponin, dan antrakuinon yang berfungsi merangsang tumbuhnya rambut-rambut akar pada tanaman yang bermanfaat untuk membantu tanaman dalam penyerapan nutrisi. Sementara itu, gedebog pisang itu juga memiliki kandungan kadar air sebanyak 80%. Inilah yang menyebabkan pemanfaatan gedebog pisang untuk media tanam sayuram amat menjanjikan. Lantas bagaimana cara menanam sayuran di gedebog pisang ini?

Dalam menanam sayuran di gedebog pisang ada beberapa cara yang dapat digunakan, yakni secara vertikal dimana gedebog pisang diletakkan berdiri tegak, lalu pada bagian sisi-sisinya dibuatkan lubang tanam. Sedangkan secara horizontal yakni meletakkan gedebog pisang secara memanjang, lantas pada bagian atasnya diberi lubang dengan diameter  berukuran sekitar 10 cm. Kami akan mengulas cara menanam sayuran di gedenog pisang secara horizontal sebab dapat memuat sayuran lebih efisien dan banyak.

Berikut ini cara menanam sayuran di gedebog pisang pada musim kemarau sebagai bahan kajian.

  • Buatlah penyangga dari bahan besi, bambu atau kayu untuk memposisikan gedebog pisang secara memanjang (horizontal).
  • Gedebog pisang dilubangi dengan memakai kaleng bekas yang memiliki diameter sekitar 10 cm. Letakkan dengan jarak antar lubang kira-kira 15-20 cm. Dalam satu gedebog pisang dapat dibuat dua lajur lubang.
  • Sesudah lubang selesai dibuat lalu dilanjutkan dengan pengisian tanah dan pupuk (pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk cair/bokashi) dengan dosis 2:1 ke dalam lubang gedebog pisang yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Kemudian biarkan selama 2 sampai 3 hari, selanjutnya media tersebut siap dipergunakan untuk menanam benih sayuran yang ingin dibudidayakan.
  • Bicara masalah perawatan, menanam sayuran di media tanam berupa gedebog pisang ini cukup mudah, Anda cukup dengan melakukan penyemprotan pupuk cair organik pada tiap-tiap 5 hari sekali dan diselingi oleh pengendalian hama dengan mempergunakan pestisida organik, baik beli di toko ataupun buatan sendiri.

Apabila cara menanam sayuran di gedebog pisang pada musim kemarau ini dilakukan dengan baik dan tepat, maka budidaya tanaman sayuran memakai media tanam gedebog pisang ini pastinya akan memberikan hasil yang optimal. Teknik budidaya inovatif ini amat sesuai sekali untuk wilayah/daerah yang memiliki keterbatasan lahan ataupun sumber daya airnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *