Cara Menanam Sayuran dengan Gedebok Pisang

Urbanina.com – Selama ini gedebok atau batang pisang hanya dibiarkan demikian saja sesudah buah pisangnya dipanen. Kecuali bermanfaat sebagai pupuk cair organik (Bokasshi), ternyata limbah batang pisang ini bisa dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran yang pendek masa usianya seperti  yang bisa di tanam menggunakan limbah pohon pisang ini adalah kangkung, sawi, bayam, tomat, terong, cabai dan sejenisnya. Namun, bagaimanakah cara menanam sayuran dengan gedebok pisang?

Keunggulan gedebok pisang sebagai media tanam sayuran adalah kaya akan pati untuk sumber nutrisi bagi tanaman dan mikroorganisme di dalam batang pisang, bahkan bisa menjadi sebagai sumber kompos. Gedebok pisang pun memiliki senyawa penting seperti saponin, flavonoid dan antrakuinon yang bisa meningkatkan pertumbuhan bulu-bulu akar yang bermanfaat membantu tanaman dalam penyerapan unsur-unsur hara.

Cara Menanam Sayuran dengan Gedebok Pisang []

Kelebihan menanam sayuran dengan menggunakan gedebok pisang yakni amat hemat air untuk penyiraman. Bila tempat berkebun memakai paranet atau greenhouse, maka dalam masa 3 bulan berjalan tanaman sayuran yang ditanam tidak membutuhkan penyiraman yang intensif. Walau tidak mendapatkan penyiraman yang intens, budidaya sayuran dengan menggunakan media tanam gedebok pisang dapat tumbuh subur. Pasalnya gedebok pisang memiliki banyak cadangan air yang dibutuhkan sekali oleh tanaman untuk menunjang tumbuhkembangnya.

Cara menanam sayuran dengan gedebok pisang tidaklah sulit. Pemanfaatan gedebok pisang untuk menanam sayuran caranya relatif mudah. Berikut kami paparkan cara menanam sayuran dengan gedebok pisang.

Pertama-tama membuat penyangga dari kayu untuk menopang batang pisang alias gedebok pisang yang akan diletakkan dengan cara horizontal. Setelah itu buatlah lubang lubang pada gedebok pisang dengan ukuran sebesar gelas minuman mineral dengan lebar kira kira 15 cm dan dalamnya kira kira 10 cm. Lubang pada batang pisang dibuat dengan mempergunakan pisau yang tajam. Janganlah lupa untuk memberikan jarak diantara lubang lubang tersebut skira 15 sampai 20 cm. Dalam satu batang gedebok pisang dapat dibuat menjadi 2 baris/jalur lubang.

Kedua, sesudah lubang selesai dibuat kemudian masukkanlah media tanam, dapat berbentuk tanah ataupun sampah organik, selanjuntya masukkanlah media tanam ke dalam lubang lubang tanam yang sudah dibuat/dipersiapkan sebelumnya.

Ketiga, media tanam yang sudah dimasukkan ke dalam setiap lubang didiamkan terlebih dulu selama kira kira 2 sampai 3 hari, lantas sesudah lebih dari dua hari barulah media tanam dalam lubang gedebok pisang tersebut ditanami dengan benih sayuran yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya sawi, bayam, kangkung dan lain sebagainya yang mempunyai masa tanam singkat.

Keempat, adapun perlakuan perawatan terhadap tanaman sayur yang dibudidayakan sama seperti menanam tanaman mempergunakan bambu atau talang. Sebuah gedebok pisang (batang pisang) bisa dipergunakan 2 sampai 3 kali tanam, tergantung dari keadaan gedebok pisang itu. Mudah-mudahan tulisan mengenai cara menanam sayuran dengan gedebok pisang ini bisa meningkatkan wawasan pengetahuan Anda dalam mengembangkan dunia pertanian Indonesia agar semakin maju.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *