Cara Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas

Urbanina.com – Sekarang bukan hal yang tidak mungkin untuk menanam sayuran dalam botol bekas. Anda bisa menanam sayuran dimana saja, tak hanya bisa dilakukan di lahan luas seperti di kebun, bahkan di lahan yang terbatas seperti di pekarangan rumah Anda pun bisa. Anda pun bisa memakai barang-barang bekas yang telah tak digunakan lagi oleh Anda. Misalny saja botol bekas. Menanam sayuran dalam botol bekas pasti bisa dilakukan. Lantas, bagaimana cara menanam sayuran dalam botol bekas?

cara menanam sayuran dalam botol bekas

Menanam sayuran dalam botol bekas memiliki banyak kelebihan. Anda dapat menghasilkan produk yang lebih berguna dengan mendaur ulang (me-recycle) barang-barang yang telah tidak digunakan lagi. Disamping itu, selagi masih bisa memperoleh cahaya matahari tentu Anda pun bisa bercocok tanaman dalam botol bekas dimanapun dengan lebih efektif dan praktis. Anda dapat menatanya keatas seperti halnya vertikal garden untuk menghemat tempat secara baik.

Secara umum, menanam sayuran dalam botol bekas terdapat dua cara, yakni cara biasa dan secara hidroponik. Keduanya sama-sama menguntungkan dan mudah dilakukan. Jadi, bagaimana pilihan Anda, cara yang mana yang ingin Anda gunakan.

Cara Biasa

Pada prinsipnya, cara menanam sayuran dalam botol bekas ini tidak jauh berbeda dengan menanam sayuran lainnya. Anda perlu untuk mempersiapkan botol-botol bekas yang berukuran cukup besar, seperti botol bekas minuman air mineral. Kemudian masukkanlah secukupnya tanah dan pupuk kandang secukupnya. Selanjutnya Anda pun sudah bisa segera mulai menanam sayuran yang diinginkan.

Dianjurkan untuk menanam sayuran yang tidak memakan banyak tempat dan tidak boleh menggunakan pupuk kimia. Dengan demikian bisa menjamin kandungan sehat didalam sayuran.

Dalam hal perawatan, cara menanam sayuran dalam botol bekas ini tidak akan membuat Anda repot. Namun sehari sekali Anda perlu untuk menyiramnya, malahan jika Anda menyiramnya hanya 2 hari sekali pun sayuran masih bisa bertahan hidup.

Cara Hidroponik

Menggunakan cara hidroponik merupakan cara menanam sayuran dalam botol bekas yang kedua. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam sayuran secara hidroponik diantaranya:

  1. Botol minuman mineral bekas tentu saja
  2. Alat pemotong (pisau, gunting, cutter, dsb)
  3. Sumbu kompor ataupun kain flanel
  4. Media tanam (rockwool atau yang lainnya)
  5. Air nutrisi

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Potonglah botol minuman mineral bekas hingga menjadi dua bagian. Potongannya harus rapih dan lurus serta tidak bergerigi agar tidak mencederai tangan Anda ketika menyentuh atau memegangnya.
  • Pada tutup botolnya buatlah lubang untuk memasang kain flanel atau Upayakan ukuran lubangnya pas seukuran dengan kain flanel atau sumbu.
  • Selanjutnya kain flanel dimasukkan kedalam lubang. Agar bisa menyerap air nutrisi yang akan diberikan maka biarkanlah sebagian besar kain flanel itu menjuntai kebawah.
  • Pada bagian atas botol isilah dengan media tanam sekaligus memasukkan bibit sayuran yang akan di
  • Satukan kedua bagian botol bekas tersebut dengan cara dibalik bagian atasnya. Jangan lupa mengisi air nutrisi anda Pada bagian bawah botol itu isilah dengan air nutrisi. Akhirknya perlengkapan tanaman hidroponik siap untuk Anda

Demikian tadi 2 cara menanam sayuran dalam botol bekas yang amat mudah dipraktikkan sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE