Cara Menanam Sayuran Bayam Merah Secara Organik

Cara Menanam Sayuran Bayam Merah Secara Organik

Urbanina.com – Bayam merah merupakan tanaman sayuran dari family Amaranthacea yang habitat aslinya berasal dari  Amerika tropis, kemudian menyebar ke negara-negara yang punya iklim tropis dan subtropis. Bayam merah yang bisa tumbuh sepanjang tahun ini umumnya ditemukan di daerah berketinggian hingga 2000 m dpl. Bayam merah terdiri atas dua jenis atau varietas yakni bayam merah yang daun plus batang seluruhnya memiliki warna merah atau blitum rubum dan blitum album yakni bayam yang daunnya merah tapi batangnya memiliki warna hijau. Bagaimana nih cara menanam sayuran bayam merah secara organik?

cara menanam sayuran bay

Bayam merah dapat kita manfaatkan menjadi sayuran pelengkap sumber gizi yang baik bagi kesehatan. Selain itu guna membantu penyembuhan penyakit tertentu tak sedikit pakar herbal menyaranakn menggunakannya dan menanamnya secara organik. Namun masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui cara menanam sayuran bayam merah secara organik?

Secara umum tanaman yang mempunyai nama Latin Amaranthacea gangeticus ini bisa mendongkrak kinerja ginjal dan memperlavar metabolisme tubuh. Sementara itu, akarnya berkhasiat mengobati penyakit disentri. Pokoknya dalam hal pemanfaatan untuk pengobatan ternyata khasiat bayam merah melebih bayam hijau. Oleh karena itu Anda tidak ada salahnya jika mengetahui cara menanam sayuran bayam merah secara organik. Siapa tahu suatu saat nanti akan menanam tanaman yang disebut orang Inggris Red Spinach ini.

Berikut ini bisa Anda ikut cara menanam sayuran bayam merah secara organik secara simpel dan singkat.

Proses Penanaman

Cara menanam sayuran bayam merah secara organik tidak jauh berbeda dengan non-organik cuma perlakuannya saja dengan cara perlakuan sistem organik. Di sini Anda tidak memerlukan persemaian saat penanaman, tetapi intensitas sinar matahari yang diperlukan oleh tanaman yang perlu Anda perhatikan. Bayam merah membutuhkan suhu ideal sekitar 16-20oC dan kelembaban udaranya yang sedang.

Siapkanlah benih bayam yang didapat dari hasil perbanyakan biji. Biji bayam bisa anda dapatkan di toko benih atau dari bayam yang umurnya sudah tua. Selanjutnya proses penanaman dapat segera dilakukan.

Siapkan terlebih dulu tanah untuk media menanam bayam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk organik. Diamkanlah terlebih dahulu tanah media tanam tersebut dalam keadaan lembab selama 3-5 hari supaya tersedia unsur hara dan tanah tambah bagus.

Kemudian, tanah itu dimasukkan ke dalam pot dan taburi lagi dengan pupuk organik, diamkan selama 2-3 hari. Lantas benih ditaburkan di ata pot bila sudah dirasa siap. Tutuplah permukaan pot dengan tanah secukupnya serta tidak boleh terlampau tebal. Setelah itu setiap hari pot disiram secukupnya dengan air secara hati-hati karena tanaman mudah rusak.

Pemupukan

Saat waktunya pemupukan maka pakailah pupuk organik atau pupuk cair organik yang bisa dibeli di toko-tokop pertanian terdekat atau toko online. Anda bisa juga membuatnya sendiri dari bahan-bahan nabati/hayati.

Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan pada umur 1-1,5 bulan dengan cara mencabut tanaman bayam secara hati-hati supaya akar tanaman tidak ikut tercabut. Hasil panen bayam merah akhirnya siap dipasarkan setelah dibersihkan terlebih dulu dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *