Cara Menanam Sayuran Bayam Hijau Secara Organik

Urbanina.com – Bayam hijau adalah salah satu jenis bayam yang banyak mengandung zat besi sehingga sering dikonsumsi oleh para ibu hamil. Bayam hijau dapat ditanam di sawah, kebun atau di pekarangan rumah sekalipun. Dengan cara menanam sayuran bayam hijau secara organik di halaman rumah Anda maka Anda dapat menyantap tanaman sayuran ini dari lahan sendiri.

Salah satu cara menanam sayuran bayam hijau secara organik adalah dengan memanfaatkan media tanam dari polybag. Lahan sempit yang terdapat di halaman rumah Anda dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan bayam hijau. Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan  alhasil cara menanam sayuran bayam hijau secara organik dalam polybag ini amat cocok.

cara menanam sayuran bayam hijau secara organik

Di bawah ini merupakan cara menanam sayuran bayam hijau secara organik dalam polybag yang dapat Anda aplikasikan:

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Biji bayam hijau atau batangnya.
  • Polybag berukuran kecil dan sedang.
  • Media tanam dari tanah dan pupuk kandang.
  • Sekop.
  • Pestisida
  • Sarung tangan.
  • Pupuk organik.
  • Air

Adapun langkah demi langkah cara menanam sayuran bayam hijau secara organik dalam polybag adalah sebagai berikut:

Yang pertama dalam cara menanam sayuran bayam hijau secara organik dalam polybag yakni siapkanlah biji bayam hijau untuk dibuat jadi bibit atau di toko pertanian Anda bisa membelinya. Pola tanamnya bisa juga dengan cara stek menggunakan batang bayam.

Sekarang buat media tanamnya setelah bibit disiapkan dengan mencampurkan secara merata campuran tanah, pupuk kompos atau pupuk kandang. Tanah sebaiknya diayak terlebih dulu hingga berupa tanah yang halus. Isi polybag dengan tanah media tanam dimana di bagian dasar polybag itu diberi pecahan genteng semacam penahan supaya tak akan gampang keluar saat disiram.

Tanamkan bibit pada polybag dengan ukuran sedang bila ingin memakai bibit bayam hijau dari batang. Kuburkan bagian akarnya ke dalam media tanam. Semaikanlah terlebih dulu 2-3 biji bayam ke dalam polybag berukuran kecil untuk pembibitan bayam dari biji.

Saat bibit bayam mulai tumbuh dan telah siap untuk dipindahkan maka siapkanlah media tanam dari campuran tanah bersama pupuk kandang atau kompos. Laksanakan perlakuan yang sama seperti waktu mempersiapkan media tanam untuk penyemaian. Bibit bayam yang telah tumbuh daunnya itu diambil secara hati-hati supaya akarnya tak rusak. Lalu bibit bayam hijau yang telah tumbuh daun dipindahkan secara hati-hati supaya akarnya tidak rusak ke polybag yang berukuran lebih besar. Siramlah media tanam dengan air sampai lembab benar sebelum menanamnya. Pasalnya bayam adalah sejenis sayuran yang bisa tumbuh baik jika media tanamnya lembab.

Kemudian pindahkan tanaman bayam itu pada tempat penanaman yang telah disediakan. Sebaiknya areal yang akan dipakai untuk tempat menanam tanaman bayam bisa terkena cahaya matahari penuh.

Terakhir, perawatan tanaman bayam hijau di polybag ini, termasuk gampang. Yang jelas, lakukan penyiraman 2 kali penyiraman dalam satu hari. Disamping itu pastikan penyakit atau hama tidak menyerang tanaman saat pengontrolan rutin dilakukan.

Silakan dicoba cara menanam sayuran bayam hijau secara organik dalam polybag di atas. Semoga keberhasilan menyertai Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE